Pola Pendekatan Bimbingan Dan Penyuluhan Islam Bagi Lanjut Usia (Lansia) Terlantar Di Panti Sosial Tresna Werdha (Pstw) Budi Mulia 1 Cipayung Dinas Sosial Pemerintah Provensi Dki Jakarta

Jufri Halim, Patmawati Patmawati

Abstract


Masalah sosial keagamaan yang terjadi di kalangan umat Islam, terutama bagi masyarakat kota seperti yang terjadi pada salah satu Penyandang masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yaitu Lanjut Usia Terlantar (LANSIA Terlantar) adalah menjadi tantangan yang spesifik bagi para da’i, terutama bagi Pembimbing dan Penyuluh Islam di lapangan. Hal ini disebabkan Lansia Terlantar memiliki pola hidup dan prilaku yang khusus dan spesifik. Sebab keadaan mereka yang khusus itulah membuat Lansia Terlantar memiliki cara pandang dan cara hidup tersendiri, sehingga Lansia Terlantar dimaksud tidak seperti biasanya, fungsi-fungsi sosial dan spiritualnya menjadi tidak biasa, hambatan-hambatan sosial dan spiritual mereka mengalami standar dan ukuran yang berbeda.

Untuk mengembalikan mereka pada fungsi-fungsi sosial dan spiritual yang wajar dan lazim, maka diperlukan satu pendekatan Bimbingan dan Penyuluhan Islam yang khas, yang disesuaikan dengan pola pikir, pola hidup dan kebiasaan mereka. Sehingga pendekatan Bimbingan dan Penyuluhan Islam yang diberikan bisa menjangkau dan menyentuh esensi kemanusian mereka, yaitu tidak saja menuhi kebutuhan sandang, pangan dan papan para Lansia Terlantar. Namun juga bisa memenuhi kebutuhan asasi mereka yang lain yaitu kebutuhan mencintai dan dicintai, kebutuhan spritualitas mereka.

Pendekatan berbasis pada hebit dan kadar kemampuan para Lansia Terlantar, melalui Bimbingan dan Penyuluhan yang berbentuk permainan dan cerita, serta sejumlah pendekatan sesuai dengan kadar dan ke-zaman-an mereka, agar mereka bisa sampai pada Jalan Tuhan. Dengan indikasi bahwa mereka merasa berarti dalam hidupnya dan merasakan kebahagiaan yang tinggi atas sisa hidup yang dihadapinya, sehingga mereka memiliki kesiapan yang tinggi di dalam menghadapi kematian yang pasti datang.


Keywords


PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial), BPI (Bimbingan Penyuluhan Islam), Lansia Terlantar (Lanjut Usia Terlantar)

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15408/dakwah.v27i2.36705 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Published by the Dakwah and Communication Faculty of UIN Syarif Hidayatullah Jakarta