Nasionalisme Mahasiswa Lembaga Dakwah Kampus (Ldk) Uin Syarif Hidayatullah Jakarta

Muflihah Muflihah

Abstract


Mahasiswa diharapkan memiliki sikap nasionalisme yang tinggi agar mampu menjaga keutuhan budaya bangsa dan negara. Upaya penanaman sikap nasionalisme di kalangan mahasiswa perlu adanya pembinaan nasionalisme melalui diskusi atau bimbingan yang mendukung akan pentingnya sikap nasionalisme. Karena dengan adanya pembinaan tersebut mahasiswa dapat terus meningkatkan kualitasnya dalam menjaga sikap nasionalisme. Salah satu pembinaan yang mendukung dalam meningkatkan sikap nasionalisme yaitu pada pembinaan liqo di LDK UIN Syahid. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pembinaan liqo dengan sikap nasionalisme mahasiswa di UIN Syahid.

Penelitian ini menggunakan pendekatan metodelogi kuantitatif dengan metode survei. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 80 responden yaitu mahasiswa aktif dalam LDK UIN Syahid angkatan 2018 dan telah mengikuti pembinaan liqo. Dengan menggunakan teknik analisis data korelasi Pearson Product Moment. Untuk mengolah data menggunakan program Microsoft Excel dan SPSS for Windows 20.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel pembinaan liqo dan variabel sikap nasionalisme mahasiswa di LDK UIN Syahid dengan nilai korelasi sebesar 0.867** pada taraf signifikasi 0.000 atau kurang dari 0.05 hubungan tersebut termasuk dalam kategori kuat, sehingga dapat dikatakan Ha diterima dan Ho ditolak. (2) 25% responden atau sebanyak 20 dari 80 responden menjalankan dan memahami pembinaan liqo secara maksimal dengan kategori tinggi. (3) Variabel pembinaan liqo dan variabel sikap nasionalisme dikatakan normal dengan nilai sig. Lebih besar dari nilai alpha (0.05).


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15408/dakwah.v27i1.33323 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Published by the Dakwah and Communication Faculty of UIN Syarif Hidayatullah Jakarta