Praktik Dakwah Digital ImanPath di Era Internet of Things
Abstract
Penelitian ini ingin menjawab pertanyaan bagaimana praktik dakwah digital yang dilakukan oleh ImanPath di Era Internet of Things? Di era Internet of Things ini, segala sesuatu dapat dilakukan dengan menggunakan media Internet, termasuk salah satunya adalah praktik dakwah. Dakwah pada hakikatnya adalah mengajak kepada kebaikan dan melarang keburukan berdasarkan ketentuan agama Islam. Dakwah dalam pandangan ImanPath adalah tentang pengembangan sumber daya manusia muslim dalam konteks kepemimpinan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Untuk memperoleh keabsahan data, peneliti melakukan wawancara mendalam dengan narasumber yang relevan dengan substansi permasalahan penelitian. Selain itu, dokumentasi dan observasi dilakukan dengan cermat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ImanPath yang secara lengkap bernama ImanPath Human Development and Islamic Urban Partner merupakan lembaga pelatihan life skill dan sekolah urban yang dibentuk dalam upaya mengemas keimanan dan nilai-nilai keislaman bagi muslim perkotaan. ImanPath lahir dari riset panjang beberapa pakar yang masih muda, energik, dan memiliki pemahaman yang mendalam di bidang sosiologi, ilmu keislaman, dan komunikasi digital. ImanPath melakukan kegiatan dakwah dengan menggunakan hampir semua platform media digital. Sehingga kemudian dakwah ImanPath dapat dengan mudah dijangkau oleh khalayak. Dakwah digital saat ini harus menjadi salah satu media dakwah yang efektif yang dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15408/dakwah.v26i2.29325 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.