Beralih ke Haluan Islamisme: Gen Z, Media Sosial & Intoleransi di Indonesia

Authors

  • R Cecep Romli UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.15408/dakwah.v22i1.12045

Keywords:

Gen Z, Islamisme, Modertatisme, Kampanye, Media Sosial, Industri Kebencian

Abstract

Saat ini, politik identitas dan islamisme tampak menguat pada banyak kanal media sosial. Tulisan ini ingin mencermati sejauhmana mainstream moderatisme NU dan Muhammadiyah digerogoti oleh intoleransi Islamisme. Berpijak pada data berbagai  survei—dan merujuk pada definisi islamisme dari Mozaffari —, ditemukan bahwa tak sedikit pengajar serta siswa dan mahasiswa (generasi Z) yang merasa dekat dengan NU dan Muhammadiyah, namun bersimpati atau bahkan “menyeberang” ke haluan islamisme.

Kata Kunci: Gen Z, Islamisme, Moderatisme, Kampanye, Media Sosial, Industri Kebencian


Downloads

Published

2019-10-02