Beralih ke Haluan Islamisme: Gen Z, Media Sosial & Intoleransi di Indonesia
Abstract
Saat ini, politik identitas dan islamisme tampak menguat pada banyak kanal media sosial. Tulisan ini ingin mencermati sejauhmana mainstream moderatisme NU dan Muhammadiyah digerogoti oleh intoleransi Islamisme. Berpijak pada data berbagai survei—dan merujuk pada definisi islamisme dari Mozaffari —, ditemukan bahwa tak sedikit pengajar serta siswa dan mahasiswa (generasi Z) yang merasa dekat dengan NU dan Muhammadiyah, namun bersimpati atau bahkan “menyeberang” ke haluan islamisme.
Kata Kunci: Gen Z, Islamisme, Moderatisme, Kampanye, Media Sosial, Industri Kebencian
Keywords
Gen Z, Islamisme, Modertatisme, Kampanye, Media Sosial, Industri Kebencian
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15408/dakwah.v22i1.12045 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Published by the Dakwah and Communication Faculty of UIN Syarif Hidayatullah Jakarta