EFEKTIVITAS VIDEO PIDATO SOEKARNO DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERPIDATO DI SMP IT AL- ATIQIYAH SUKABUMI

Khoirun Nisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan efektivitas penggunaan video pidato Ir. Soekarno dalam pembelajaran keterampilan berpidato di kelas VIII SMP IT Al- Atiqiyah Sukabumi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deksriptif dengan Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi video pidato siswa. Materi yang disampaikan difokuskan pada tema nasionalisme dan kemerdekaan dengan menayangkan cuplikan pidato Soekarno sebagai model inspiratif dalam penyampaian pidato. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan video pidato Soekarno secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa dalam Menyusun struktur pidato (pembuka, isi penutup), serta memperbaiki artikukasi, intonasi, ekspresi wajah dan penggunaan Bahasa tubuh. Selain itu, media ini juga meningkatkan keberanian siswa dalam berbicara di depan umum dan memperkuat nilai- nilai nasionalisme dalam diri mereka. Dengan demikian, video pidato Soekarno terbukti efektif sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berpidato siswa.


Keywords


Video Pidato Soekarno; Keterampilan Berpidato; Nasionalisme; Pembelajaran Bahasa Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Delvia, D., & Mutmainnah, M. (2024). The effectiveness of audiovisual media to improve students’ speaking ability in junior high school. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 45–52.

Fadillah, N., Hartati, S., & Nursalim, M. (2023). Penguatan nilai kebangsaan melalui video dokumenter tokoh bangsa pada pembelajaran PPKn. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 13(2), 101–110.

Permana, R. (2023). Pengaruh media audiovisual terhadap efektivitas pembelajaran siswa SMP. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 11(3), 87–94.

Suryani, L. (2022). Retorika dalam pidato Ir. Soekarno: Analisis linguistik dan makna simbolik. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Sastra, 14(1), 25–33.

Hamzah, B. (2021). Pengembangan keterampilan berbicara siswa melalui media pembelajaran interaktif. Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa Indonesia, 7(2), 112–119.

Nugroho, A. (2022). Video sebagai media pembelajaran abad 21: Tinjauan pedagogis. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, 10(1), 55–61.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tandai Penghitung

 Lihat Statistik Saya