PENGIMPLEMENTASIAN KURIKULUM MERDEKA BERBASIS BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMPN 1 CABANGBUNGIN

Litza Nadya Marita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengimplementasian Kurikulum Merdeka berbasis bahasa dan sastra Indonesia di SMPN 1 Cabangbungin. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui survei kepada guru-guru bahasa dan sastra. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum ini memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran, meskipun terdapat tantangan seperti kesiapan guru dan keterlibatan orang tua. Pendekatan pembelajaran berbasis proyek (PJBL) berhasil meningkatkan keterlibatan siswa, namun dampaknya terhadap minat baca perlu dievaluasi lebih lanjut. Kesimpulan menekankan pentingnya dukungan kepala sekolah dan guru dalam mengatasi kendala untuk mencapai keberhasilan implementasi kurikulum. Rekomendasi tindak lanjut mencakup peningkatan pelatihan bagi guru dan pengembangan program kolaboratif dengan orang tua untuk mendukung proses belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Antika, W., Sasomo, B., Dwi Rahmawati, A., Matematika, P., & Modern Ngawi, S. (2023.). Analisis Asesmen Diagnostik pada Model Pembelajaran Project Based Learning di Kurikulum Merdeka Smpn 3 Sine.

Dwi Damayanti, A., Nidaul Jannah, A., Agustin, N., Jakarta, M., Ahmad Dahlan, J. K., Ciputat Tim, K., & Tangerang Selatan, K. (2023). Prosiding Samasta Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Smp Muhammadiyah 19 Sawangan.

Gainau, M. B. (2016). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: PT Kanisius.

Hartawati, F., & Karim, M. (2023). Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa. Dalam Sastra Indonesia dan Daerah (Vol. 14, Nomor 1).

Kasman, R., Zain, S., & Muhammadiyah Sidenreng Rappang, U. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah Rappang. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 7(2). https://doi.org/10.30605/jsgp.7.2.2024.4353

Melani, A., & Gani, E. (2023). Penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 16 Padang. Educaniora: Journal of Education and Humanities, 1(2), 23–32. https://doi.org/10.59687/educaniora.v1i2.28

Mulyasa. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Rawamangun: Bumi Aksara.

Nyoman Redana, D., & Nyoman Suprapta, dan I. (2023.). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sma Negeri 4 Singaraja. Dalam Locus Majalah Ilmiah Fisip (Vol. 15).

Yunita, I., Zainuri, A., Zulfi, A., Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada Palembang, S., & Selatan, S. (2023). Nomor (1), Maret 2023. Dalam Jambura Journal of Educational Management (Nomor 4). https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjem/index

Yusuf, A, M. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tandai Penghitung

 Lihat Statistik Saya