TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM IKLAN CITRA DI YOUTUBE

Najma Sabila Mulki, Neneng Nurjanah

Abstract


Penelitian ini menganalisis tindak tutur ilokusi dalam iklan citra merek Citra di YouTube. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, kami mengeksplorasi jenis-jenis tindak tutur ilokusi, seperti asertif, direktif, komisif, dan ekspresif, yang terdapat dalam iklan produk kecantikan. Melalui analisis terhadap percakapan dan promosi Citra, penelitian ini mengungkapkan bahwa iklan tidak hanya berfungsi sebagai alat persuasif untuk memasarkan produk, tetapi juga sebagai sarana untuk membangun citra merek, mengajak tindakan konsumen, dan mengungkapkan nilai-nilai perasaan. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk memahami kompleksitas tindak tutur ilokusi, menggali interpretasi subjektif, dan mengidentifikasi nuansa kontekstual dalam iklan citra. Hasil penelitian memberikan wawasan mendalam tentang strategi komunikasi yang digunakan oleh pemasar untuk mencapai tujuan pemasaran mereka di platform YouTube yang berpengaruh. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi pada pemahaman praktisi pemasaran tentang pentingnya tindak tutur ilokusi dalam mencapai efek persuasif dan membangun citra merek yang positif di era media sosial.

Keywords


Tindak tutur, Ilokusi, Iklan

Full Text:

PDF

References


Achsani, F. (2019). Tindak Tutur Direktif dan Implikatur Konvensional dalam Wacana Meme Dilan. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 1–10.

Ananda, N. A., Sutama, I. M., & Nurjaya, I. G. (2015). Bentuk Dan Fungsi Tindak Tutur Slogan Varian Iklan Pond’S Di Televisi Swasta. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1).

Arina, M.S., Rahmadani, L. F., (2020) Tindak Tutur Ilokusi Pada Iklan Fair and Lovelydi Televisi. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 03(1), 96.

Hafiz, N.H., Hendra, S. & Ferina, M. (2021). Analisis Tindak Tutur Ilokusi Direktif Pedagang di Toko Mujur Motor Cibarusah Kota. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3). 2.

Musaffak, M. (2015). Analisis Wacana Iklan Makanan dan Minuman pada Televisi Berdasarkan Struktur dan Fungsi Bahasa. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 1(2), 224–232.

Nurjanah, N., & Pratiwi, R. A. (2019). Citra Perempuan Berhijab Dalam Iklan Sampo: Sebuah Kajian Pragmatik. Jurnal Pena Indonesia, 5(2), 76–85.

Searle, J. R. (1975). Indirect speech acts. In Speech acts (pp. 59–82). Brill.

Satriawan, K. B., Tantra, D. K., & Myartawan, I. P. N. W. (2019). Speech Acts Analysis in EFL at The Junior High School. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha, 5(2).

Sudaryanto, M., Sumarwati, & Suryanto, E. (2014). REGISTER ANAK JALANAN KOTA SURAKARTA. BASASTRA, 1(3).

Triadi, D., & Bharata, A. S. (2010). Ayo Bikin Iklan: Memahami Teori & Praktek Iklan Media Lini Bawah. Elex Media Komputindo.

Tutik, A. D., Fitriani, N., & Inderasari, E. (2020). Variasi dan Fungsi Ragam Bahasa Pada Iklan dan Slogan Situs Belanja Online Shopee. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 137–148


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tandai Penghitung

 Lihat Statistik Saya