RETORIKA PERSUASIF DALAM TUJUH BRAND IKLAN PRODUK KECANTIKAN DI KANAL YOUTUBE

Triana Rahma Wulandari

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi retorika persuasif Aristoteles berupa Ethos, Pathos, dan Logos yang muncul dalam iklan-iklan kecantikan dan perawatan kulit. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini juga bertujuan untuk memberikan gambaran yang luas dan mendalam mengenai suatu fenomena, menguak kompleksitasnya, dan memahami makna di baliknya. Dengan menggunakan berbagai metode, seperti yang terkandung didalamnya. Sumber data pada penelitian ini berupa 7 iklan produk kecantikan yang terdapat dalam kanal YouTube. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data simak, pengumpulan data dengan membuat transkrip, reduksi data, penampilan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh data memiliki kesamaan strategi dalam mengajak dan meyakinkan seseorang, dengan cara menggunakan strategi persuasi Aristoteles. Namun, setiap data memiliki tujuan yang berbeda-beda untuk mengatur dan menggunakan strategi yang telah ada.


Keywords


retorika, persuasif, aristoteles

Full Text:

PDF

References


Aristoteles, 2018, Retorika, Yogyakarta: Basabasi Press.

Agustiani, O., & Musfiroh, T. 2019. Retorika dalam Slogan Iklan E-Commerce Indonesia di YouTube. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(5), 32-38. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/bsi/article/download/16728/16176

Fitria, G. D. A., & Yuniseffendri, M. P. 2021. Retorika Persuasif dalam Caption Postingan Instagram Resmi Presiden Joko Widodo. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/41404

Guntara, dkk., “Strategi Komunikasi Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kabupaten Kampar Menuju Kota Layak Anak Tingkat Utama”, Public Service And Governance Journal, 4:1, Riau, Januari 2023, h. 1–19, Https://Jurnal2.Untagsmg.Ac.Id/Index.Php/Psgj/Article/Download/713/711.

Natanael, dkk., 2018 “Konstruksi Gaya Retorika Fredrich Yunadi (Analisis Retorika Aristoteles Program Televisi Catatan Najwa Edisi ‘Setia Pengacara Setya’)”, Jurnal SEMIOTIKA, 12:2.

Sari, N. K. (2018). Teknik Persuasif dalam Buku Sukses Tanpa Gelar Karya Andrias Harefa. GERAM: Gerakan Aktif Menulis, 6(1), 72-82. https://journal.uir.ac.id/index.php/geram/article/view/1799

Sukarno, S. 2013. Retorika Persuasi Sebagai Upaya Mempengaruhi Jamaah Terhadap Teks Khutbah Jumat. Humaniora, 25(2), 215-227. https://journal.ugm.ac.id/jurnal-humaniora/article/view/2364

Tinambunan dan Siahaan, “Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Komunikasi Massa di Kalangan Pelajar”, KALLIMIN: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5:1, Jakarta, 2022, h. 14—21, https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/mutakallimin/article/download/6756/3821.

Tutiasri, Laminto, dan Nazri, “Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa Di Tengah Pandemi Covid-19”, Jurnal Komunikasi Masyarakat Dan Keamanan (KOMASKAM) 2:2, Jawa Timur, 2020, h. 1–15.

Waruwu, Marinu, “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method)”, Jurnal Pendidikan Tambusai, 7:1, Salatiga, 2023, 2896–2910, https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/6187/5167/11729.

Yuniarti, M. 2023. Persuasi dalam Ceramah Pengajian K.H. Muhammad Zaini Abdul Ghani. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 13(1), 45-60. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/jbsp/article/view/12102


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tandai Penghitung

 Lihat Statistik Saya