PENTINGNYA KETERAMPILAN MEMBACA NYARING DALAM PENCAPAIAN LITERASI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Nurhasanah Nur Nurhasanah

Abstract


Seiring dengan perkembangan teknologi dan perubahan paradigma pendidikan, peran keterampilan membaca nyaring sebagai komponen kunci literasi semakin diakui sebagai faktor penentu dalam kesuksesan siswa di berbagai bidang. Metode penelitian ini mengambil pendekatan kualitatif Data akan dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan siswa untuk mengeksplorasi persepsi, pengalaman, dan pandangan mereka terhadap keterampilan membaca nyaring. Analisis data akan dilakukan dengan menggunakan pendekatan tematik, di mana temuan dari wawancara dan observasi akan diidentifikasi, dikategorikan, dan dianalisis untuk mendapatkan pola atau tema umum yang muncul. Analisis data akan dilakukan dengan menggunakan pendekatan tematik, di mana temuan dari wawancara dan observasi akan diidentifikasi, dikategorikan, dan dianalisis untuk mendapatkan pola atau tema umum yang muncul. Dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca nyaring memiliki peran yang sangat signifikan dalam meningkatkan pencapaian literasi siswa di Sekolah Menengah Atas. Integrasi keterampilan membaca nyaring dalam strategi pembelajaran dapat menjadi langkah yang efektif dalam memperkuat aspek pemahaman bacaan dan pengembangan keterampilan berbicara siswa.

Keywords


Keterampilan membaca, Membaca nyaring, Literasi

Full Text:

PDF

References


Cici, Marantika, 2019. Pengaruh Buku Cerita Bergambar terhadap Keterampilan Membaca Nyaring Peserta Didik Kelas III MIN 7 Bandar Lampung, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Dalman, H. (2013). Keterampilan membaca. PT Raja Grafindo.

Fitriani, F. (2018). Keterampilan Membaca Nyaring Dengan Menggunakan Media Kartu Kata. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School.

Harylesmana, David. (2007). Jenis-jenis Membaca dan Karakteristiknya.

Hujair, S. (2015). Media pembelajaran interaktif inovatif. Kaukaba.

Ismail, J. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Melalui Media Cerita Bergambar pada Siswa Kelas II MIS HI. Ahmad Syukur Daruba Kabupaten Pulau Morotai. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 3(12), 1536-1552.

Khusnin. (2008). Mengatasi Keterampilan Membaca pada Awal Tahun Pelajaran Siswa Kelas X.

Rahim, F. (2018). Pengajaran membaca di sekolah dasar. Bumi Aksara.

Rahman, B., Haryanto, H. (2017). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media flashcard. Jurnal Prima Edukasi, 2(2), 127-137.

Santoso, A (2017). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Banten-Indonesia: universitas terbuka.

Setiani, A. Y. U., Studi, P., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (2019). Nyaring Menggunakan Media Cerita Bergambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Kelas II SD Negeri 84 Kota Bengkulu.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. bandung: angkasa bandung.

Santoso, A (2017). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Banten-Indonesia: universitas terbuka.

Anuggraini, A., Vioreza, N., & Ratnayanti, G. (2020). Upaya meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia pada materi teks nonfiksi dengan metode mind mapping. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 126-131.

Rahman, B., Haryanto, H. (2017). Peningkatan keterampilan membaca permulaan melalui media flashcard. Jurnal Prima Edukasi, 2(2), 127-137.


Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tandai Penghitung

 Lihat Statistik Saya