TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM FILM MENCURI RADEN SALEH KARYA ANGGA DWIMAS SASONGKO

Emilia Ariyani Ariyani, Rusdhianti Wuryaningrum, Bambang Edi Pornomo

Abstract


Penelitian ini membahas tentang tindak tutur ekspresif dalam film Mencuri Raden Saleh karya Angga Dwimas Sasongko. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud tindak tutur ekspresif dan modus tindak tutur ekspresif yang terdapat dalam film Mencuri Raden Saleh. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa segmen tutur dan konteksnya yang terindikasi adanya wujud dan modus tindak tutur eskpresif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi. Teknik analisis data berupa tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini ditemukan tujuh wujud tindak tutur ekspresif dalam film Mencuri Raden Saleh, yaitu: 1) tindak tutur ekspresif mengkritik, 2) tindak tutur ekspresif mengeluh, 3) tindak tutur ekspresif menyalahkan, 4) tindak tutur ekspresif memuji, 5) tindak tutur ekspresif mengucapkan terima kasih, 6) tindak tutur ekspresif mengucapkan selamat, dan 7) tindak tutur ekspresif menyanjung. Adapun modus tindak tutur ekspresif yang ditemukan dalam film Mencuri Raden Saleh, yaitu: 1) modus deklaratif atau modus indikatif, 2) modus optatif, 3) modus interogatif, 4) modus obligatif, 5) modus desideratif.

Keywords


tindak tutur, tindak tutur ekspresif, film

Full Text:

PDF

References


Chaer, A. (2010). Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Chamalah, E. (2016). Tindak Tutur Ekspresif pada Bak Truk sebagai Alternatif Materi Ajar Pragmatik. Bahastra, 35(2), 27-40.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A

Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Rahardi, R. K. (2019). Pragmatik Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Rizal, M. (2014). Pengaruh Menonton Film 5 Cm Terhadap Motivasi Kunjungan Wisata Ke Gunung Semeru. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. [online].

Tersedia.https://digilib.uin-suka.ac.id/15409/1/10730117_bab-i_iv-atau v_daftar-pustaka.pdf.

Rusminto, N. E. (2015). Analisis Wacana Kajian Teoritis dan Praktis. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Yule, G. (2014). Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tandai Penghitung

 Lihat Statistik Saya