PENGGUNAAN DWIBAHASA SANTRI DI LINGKUNGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM (LPI) PONDOK PESANTREN TERPADU NURUL FAIZIN

Pilah Nahrudin

Abstract


Dwibahasa merupakan fenomena Bahasa yang terjadi di lingkungan masyarakat, bisa terjadi di lingkungan lembaga pendidikan yaitu Pondok Pesantren. Pada penelitian ini, peneliti melakukan fokus terhadap penggunaan Dwibahasa Santri yang ada di lingkungan lembaga pendidikan islam (LPI) Pondok Pesantren Terpadu Nurul Faizin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, pendekatan sosiologis dan humanis dalam pengambilan data. Data yang diambil menghasilkan temuan ragam dwibahasa diantaranya berdasarkan hipotesis ambang, terdapat di dalamnya Dwibahasa Aditif dan Dwibahasa Substraktif. Selain itu, Dwibahasa masa kanak-kanak dan remaja, berdasarkan kesosialan terdapat di dalamnya kedwibahasaan individu dan sosial, berdasarkan keresmian terdapat di dalamnya kedwibahasaan resmi dan tidak resmi. Pada  penelitian ini, peneliti melakukan penelitian fungsi bahasa, temuan fungsi bahasa dari segi pribadi atau emotif, fungsi konotatif, fungsi referensial, fungsi instrumental, dan fungsi representasional.


Keywords


Bilingual Variety, Language Functions, Santri.

Full Text:

PDF

References


Abdul Chaer, Alwasilah. (1995). Sosiologi Bahasa. Bandung: Angkasa,

Abdul Chaer, Leonie Agustina. (2014). Sosiolinguitik: Perkenalan Awal Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Andriyani, Yuni. (2020). Skripsi: Rgam Dwibahasa Sebagai Media Komunikasi Dalam Kanal Youtube "Wagu Waton Guyon" (Kajian Sosiolinguistik). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Dewi Sartika, Suradi Tahmir, Usman Mulbar. (2017). "Penggunaan Dwibahasa (Bahasa Indonesia-Bahasa Konjo) Pada Pembelajaran Matematika." Artikel Indonesia.

Firdausi. KH. Miftahul Achyar. (2022). Nu Online : Rais 'Aam Pbnu Jelaskan Makna Santri . November 1, 2022. Https://Www.Nu.Or.Id/Nasional/Rais-Aam-Pbnu-Jelaskan-Makna-Santri-Sonra#:~:Text=Sumenep%2c%20nu%20online-,Di%20mana%20pun%20berada%2c%20santri%20adalah%20seorang%20mukmin%20yang%20melaksanakan,Banting%20pada%20kondisi%20apa%20pun. (Diakses 30 Desember, 2022 Pukul 14.00).

Huri, Daman. (2014). "Penguasaan Kosakata Kedwibahasaan Antara Bahasa Sunda Dan Bahasa Indonesia Pada Anak-Anak (Sebuah Analisis Deskriptif-Komparatif)." Jurnal Pendidikan Unsika Vol 2. Karawang: Unsika.

Insan. (2022). Tkit Dan Sdit Insan Mandiri Cinere Depok : 5 Pengertian Santri Menurut Beberapa Bahasa. Oktober 22, 2021. Https://Insanmandiridepok.Sch.Id/5-Pengertian-Santri-Menurut-Berbagai-Bahasa/ (Diakses Pada 30 Desember 2022, Pukul 13.00).

Nuh, Muhammad. (2017). Penelitian Bahasa Edisi Cetakan Ke Dua. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rochayah, Misbah Djamil. (1995). Sosiolinguitik. Jakarta: Pusat Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

Sancha, Silvia. (2012). Skripsi: Penggunaan Dwibahasa (Indonesia - Jawa) Oleh Warga Keturunan Etnis Tionghoa Di Ketandan Kota Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif, Dan Konstruktif. Edisi Cetakan Ketiga. Jakarta: Alfabeta.

Sulastri, Ni Ketut. (2021). "Efektivitas Penggunaan Dwibahasa Dalam Proses Pembelajaran Matematika." Journal Of Classrom Action Research.

Syafyahya, Aslinda, Leni. (2014). Pengantar Sosiolinguitik. Bandung: Relika Aditama.

Syaiful Bahri, Surya Fajar Rasyid. (2018). "Fenomena Kedwibahasaan Di Sekolah Dasar: Sebuah Kondisi Dan Bentuk Kesantunan Berbahasa." Jurnal Bidang Pendidikan Dasar Vol.2. Malang: Universitas PGRI Kanjuruhan.

Tarigan, Henry Guntur. (1998). Pengajaran Kedwibahasaan. Bandung: Angkasa.


Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tandai Penghitung

 Lihat Statistik Saya