Analisis Makna Denotatif dan Konotatif dalam Cerpen Dilarang Mencintai Bunga-Bunga (Kajian Semantik)

Ismah Rahayu

Abstract


Semantik adalah kajian terhadap makna tanda, melihat dari bentuk mulanya, perkembangan, dan sebab perubahan dalam sejarah bahasa. Perbedaan kata ditinjau dari keterkaitan antar kalimat. Makna denotatif disebut sebagai makna sebenarnya dan makna konotatif disebut sebagai makna tidak sebenarnya. Makna denotatif berkaitan dengan makna asal, makna asli, atau makna sebenarnya. Sedangkan makna konotatif merupakan arti yang menempel pada arti intinya dan arti yang menempel biasanya diperoleh melalui asosiasi yang berulang. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan makna denotatif dan makna konotatif dalam cerpen Dilarang Mencintai Bunga-Bunga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan tiga tahapan, yaitu menggumpulkan data, pemaparan, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah makna denotatif yang digunakan dalam cerpen Dilarang Mencintai Bunga-Bunga lebih dominan dari makna konotatifnya. Dari 79 data, 50 data menunjukkan makna denotatif dan 29 makna konotatif. Pesan yang disampaikan dalam cerpen ini menggunakan penyampaian secara langsung dilihat dari jumlah data makna denotatif yang dominan.

 


Keywords


makna denotatif, makna konotatif, cerpen dilarang mencintai bunga-bunga, semantik, leksikal

Full Text:

PDF

References


Charolina, dkk., 2022. Analisis Makna Idiomatikal dalam Tutur Kata Marhata Sinamot Pada Budaya Batak Toba: Kajian Semantik. Jurnal Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra, Vol. 7 No. 1.

Hayati, Aini Nur. 2022. Analisis Makna Denotatif dan Konotatif dalam Novel Dua Barista Karya Najhaty Sharma (Kajian Semantik). Jurnal PENEROKA: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 2, No.1.

Jaizah, Trifunny. 2019. Makna Denotasi dan Konotasi Peribahasa Jepang yang Terbentuk dari Kata Neko. Skripsi. Universitas Diponegoro, Fakultas Ilmu Budaya, Semarang.

Jauza, Siti Alya, dkk., 2022. Analisis Makna Leksikal dan Idiomatikal Umppassa dalam Adat Pranikah Batak Simalungun. Jurnal Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra, Vol. 7, No. 1.

Rohayati, Siti., Chairil Effendy & Agus Wartiningsih. (tahun). Nilai-Nilai Sosial yang Tercermin dalam Kumpulan Cerpen Dilarang Mencintai Bunga-Bunga Karya Kuntowijoyo. Jurnal apay a?

Runtuwene, Verell Rievaldo Junio. 2022. Makna Konotatif dalam Pidato Donald John Trump. Skripsi. Universitas Sam Ratulangi, Fakultas Ilmu Budaya, Manado.

Subuki, Makyun. 2011. Semantik: Pengantar Memahami Makna Bahasa. Jakarta: Transpustaka.

Sunarni, Nani. 2022. Kosakata Emosi Dalam Cerpen “Mikan” Karya Akutagawa Ryuunsuke. Jurnal Sastra Studi Ilmiah Sastra, Vol. 12, No. 1.


Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tandai Penghitung

 Lihat Statistik Saya