RELASI MAKNA DALAM ALBUM "MARKERS AND SUCH" KARYA SAL PRIADI (KAJIAN SEMANTIK)

Kanaya Najwa Nabilah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan makna dalam lirik lagu yang terdapat dalam album Markers and such karya Sal Priadi menggunakan pendekatan semantik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lirik lagu yang mengandung relasi makna dalam album Markers and Such Sal Priadi. Teknik analisis data terdiri dari tiga tahap, yaitu pengumpulan data, analisis data, dan penyajian hasil analisis data. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa dalam album Markers and Such karya Sal Priadi terdapat penggunaan sinonim, antonim, hiponim, dan meronim untuk mengungkapkan berbagai makna yang terkandung dalam lirik lagu tersebut.

Keywords


Semantik; Leksikal; Relasi Makna

Full Text:

PDF

References


Arifianti, Ika., Kurniatul Wakhidah. (2020). Semantik (Makna Referensial dan Makna Nonreferensial). Palopo: CV. Pilar Nusantara.

Bachrudin. (2023). Relasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Hukum Indonesia dalam Penyusunan Perjanjian dan Pembuatan Akta Notaris. Jakarta: Kencana.

Butar-butar, Charles. (2021). Semantik. Medan: UMSU Press.

Girsang, Martina., Vivi Novalia Sitinjak. (2023). Kesetaraan Gender dalam Lirik Lagu Batak Toba. Sumatera Barat: Mitra Cendekia Media.

Gusriani, Atika., Zherry Putria Yanti. (2022). Psikolinguistik (Teori dan Analisis. Sumatera Barat: CV. Azka Pustaka.

Kurniawan, Andri., dkk. (2023). Semantik. Sumatera Barat: PT Global Eksekutif Teknologi.

Saputri, Diah Iskafatmawati., dan Wihadi Admojo. (2021). “Relasi Makna Leksikal Lirik Lagu Kesenian Rodad Sekarwangi Boyolali”. LOA: Jurnal Ketatabahasaan dan Kesustraan, 16(2), 133-141. Diunduh pada 1 Juni 2023 pukul 10.00 WIB, https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/loa/article/view/2694.

Wijaya, Herman., dan Laila Sufi Wartini. (2019). “Relasi Makna dalam Lirik Lagu Perjuangan Nahdlatul Wathan karya TGKH. M. Zainuddin Abdul Majid (Kajian Semantik)”. SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 41-54. Diunduh pada 24 Mei 2023 pukul 22.15 WIB, http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/sbs/article/view/1352.

Yusron, Agus. (2021). Memahami Makna Ayat Kalam (Pendekatan Semantik Al-Zamakhsyari dan Ibnu Athiyyah terhadap Makna Ayat). Bogor: Guepedia.

Zulkarnaen, Dicky. (2021). Sebuah Pernikahan: Dimensi Tasawuf dalam Syair Lagu Rita Sugiarto. Jakarta: Pustaka PMMI.


Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tandai Penghitung

 Lihat Statistik Saya