Pengembangan Media Vtuber dan Implemenyasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Fadlan Khatami

Abstract


Tren Vtuber yang meroket pada 2020 membuat banyak pihak ikut andil dalam meramaikan. Melihat peluang yang ada, muncullah konsep “Educational Vtuber” sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian adalah berfokus memaparkan perancangan dan pengembangan konsep Vtuber dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang memfokuskan pada penunjukan makna, deskripsi, penjernihan dan penempatan data pada konteks masing-masing. Berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan, banyak orang yang menganggap kalau penggunaan Vtuber sebagai media pembelajaran itu menarik dan cocok, bahkan responden menilai kalau Vtuber milik peneliti sudah cukup sesuai sebagai media pembelajaran

Keywords


Media Pembelajaran; Pengembangan; Digital; Bahasa Indonesia

Full Text:

Remote PDF

References


Abdullah, Fadhli. 2017. Konsep Perencanaan dalam Al-Quran. IAIN Kediri.

Agustina, Lidya. 2018. Live Video Streaming sebagai Bentuk Perkembangan Fitur Media Sosial. Jurnal Diakom, Vol. 1, No. 1.

Fadli,Muhammad Rijal, Rukiyati. 2021. Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Relawan Jurnal Indonesia

Handriyotopo. 2010. Animasi Kartun 3D dalam ILM di Televisi (Suatu Kajian Iklan Layanan Masyarakat Tentang Pencegahan Flu Burung dalam Telaah Estetika dan Maknanya di Ranah Desain Komunikasi Visual). Institut Seni Indonesia Surakarta.

Lu,Zhicong, Chenxinran Shen, Jiannan Li, Hong Shen, Daniel Wigdor. 2021. More Kawaii Than a Real-Person Live Streamer: Understanding How The Otaku Community Engages With And Perceives Virtual YouTubers. Proceedings of the 2021 CHI Conference on Human Factors in Computing Systems. Toronto: University of Toronto.

Mahsun, Mohamad. 2013. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: Penerbit BPFE-Yogyakarta

Mambu, J. Y., Wahyudi, A., Reinaldo, Z., & Braif, T. (2017). Robot Perekam Objek Berbasis Face Tracking. CogITo Smart Journal, 3(2).

Meyer,Karolina, Desetina Harefa, Dewi Lidya, Christian Rustam Wanggai. 2018. Penerapan Media Pembelajaran (e-learning) Sebagai Penunjang Proses Belajar Yang Efektif. Journal Real Didache, Vol 3, No 2.

Mustaqim,Ilmawan, Nanang Kurniawan. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, Vol. 1, No. 1.

Muhson, Ali. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. 8, No. 2.

Pamujianto,Slamet Pamujianto, Muhammad Suyanto, Amir Fatah Sofyan. 2018. Teknik Hand Tracking Menggunakan Metode Inverse Kinematics Pada Pembuatan Animasi 3D. Journal Jointecs, Vol. 3, No. 1. Hlm. 9-10

Rahardjo, Mudjia. 2018. Antara Konsep, Proposisi, Teori, Variabel dan Hipotesis. UIN Malang.

Saputra, D. I. S., & Setyawan, I. (2021). Virtual YouTuber (VTuber) sebagai Konten Media Pembelajaran Online. Prosiding SISFOTEK, 5(1).

Saputra,Dhanar Intan Surya, Sitaresmi Wahyu Handani, Feisal Rosdiana. 2017. Membangun Channel Live Streaming YouTube Sebagai Alternatif Media Promosi Perguruan Tinggi. Conference on Information Technology, Information System and Electrical Engineering (CITISEE). Purwokerto: Amikom Purwokerto.

Valentin, Diah Septiyana. 2012. Busana Pesta Malam dengan Sumber Ide Busana Tari. Pendidikan Teknik Boga dan Busana Universitas Negeri Yogyakarta.


Abstract - 0 Remote - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tandai Penghitung

 Lihat Statistik Saya