REPRESENTASI VARIAN PARFUM DALAM NOVEL JAZZ, PARFUM, DAN, INSIDEN KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA
Abstract
ABSTRAK
Novel Jazz, Parfum, dan Insiden karya Seno Gumira memiliki latar sosial politik yang spesifik. Penulis menceritakan peristiwa di Timor Timur yang diselingi oleh musik Jazz dan representasi parfum. Alur yang digunakan adalah alur maju dan alur mundur dan memiliki latar tempat, waktu, serta suasana saat invasi Indonesia atas Timor-Timur. Para tokoh lebih mudah diidentifikasi dengan nama parfum yang dipakai karena tokoh dalam novel tidak memiliki nama namun memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sesuai dengan parfum yang digunakan. Sudut pandang dalam novel ini adalah orang pertama dengan narator tokoh Aku. Melalui varian parfum sebenarnya Seno ingin menyampaikan amanat berupa penyuaraan bahwa tidak seharusnya wanita dimarginalkan dalam kehidupan sosial. Dengan latar sosial politik invasi Indonesia atas Timor-Timur, teks menggambarkan berbagai varian parfum yang dipakai oleh para tokoh untuk mengidentifikasi karakter para tokoh. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui representasi varian parfum dalam novel Jazz, Parfum, dan Insiden melalui unsur intrinsik teks. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis untuk menguraikan dengan menganalisis dan menjelaskan makna denotasi dan konotasi pada berbagai varian parfum yang dipakai para tokoh pada latar waktu tersebut menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa varian parfum dalam novel ini merepresentasikan tokoh-tokoh perempuan yang memiliki berbagai karakteristik seperti ambisius, agresif, mesra, keibuan, anggun, setia dan tidak setia, maskulin, rendah diri, dan lain sebagainya. Penelitian ini juga menemukan beberapa mitos seputar perempuan yang direpresentasikan di dalam teks.
ABSTRACT
The novel Jazz, Perfume, and Incident by Seno Gumira has a specific socio-political background. The author tells about East Timor events interspersed with Jazz music and representations of perfume. The plot used is the forward and backward plots and has the setting of the place, time and atmosphere during the Indonesian invasion of East Timor. The perfume's name more easily identifies the characters used because the characters in the novel do not have names but have different characteristics according to the perfume used. The point of view in this novel is in the first person with the narrator Aku. Through the perfume variant, Seno actually wanted to convey a message in the form of voicing that women should not be marginalized in social life. Against the socio-political background of the Indonesian invasion of East Timor, the text describes various perfume variants used by the characters to identify the characters' characters. The purpose of this study is to determine the representation of perfume variants in the novel Jazz, Perfume, and Incident through the intrinsic elements of the text. This study uses a descriptive analysis method to describe by analyzing and explaining the meaning of denotations and connotations on the various perfume variants used by the characters in that time setting using Roland Barthes' semiotic theory. The results of this study indicate that the perfume variants in this novel represent female characters with various characteristics such as ambitious, aggressive, intimate, motherly, elegant, loyal and disloyal, masculine, low self-esteem, and so on. This research also finds several myths about women that are represented in the text.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajidarma, S. G. (2017). Jazz, Parfum, dan Insiden. PT. Bentang Pustaka.
Alfanda, A. da. F., & S. (2018). Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Parfum di Azzwars Parfum Lubeg Padang. https://osf.io/preprints/inarxiv/upgc3/
Astuti, T. D. W. da. M. (2022). Krisis Pencarian Jati Diri Perempuan Modern Mencari Perempuan yang Hilang (Tinjauan Semiotik Kebudayaan Yuri Lotman. Pena Literasi, 5(1), 100–110.
Barthes, R. (2017). Elemen-elemen Semiologi. Basa-Basi.
Faruk. (2017). Metode Penelitian Sastra. Pustaka Pelajar.
Hall, S. (2003). The Work of Representation, Representation: Cultural Representations and Signifying Practice. Sage Publication.
Kurniullah, A. Z. (2015). Sensual Advertising TVC “Axe University” sebagai Representasi Kapitalisme Media dan Hyperrealitas Perempuan Indonesia. Semiotika: Jurnal Komunikasi, 9(2), 280–311.
Mu’arrof, A. (2019.). Representasi Masyarakat Pesisir: Analisis Semiotika dalam Novel Gadis Pantai Pesisir Karya Nunuk Y. In Kusmiana. Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMANTIKS.
Mulyana, A. (2014). Representasi Gaya Hidup Pria Metrosexual di Majalah Pria Ibukota. Jurnal Visi Komunikasi, 13(1), 69–86.
Nurgiyantoro, B. (2018). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press.
Nurhadi. (2008). Aspek Kekerasan sebagai Refleksi dan Formatif Kondidi Sosial Politik di Eks Timor Timur dalam Jazz, parfum, dan Insiden karya Seno Gumira Adjidarma. Dan Pengajarannya, 7(1), 133–31.
Partanto, P. da. D., & A. (1994). Kamus Ilmiah Populer. Arkola.
Rahmadani, A. N. P. (2019). Ideologi Seno Gumira Adjidarma dalam Novel Jazz, Parfum, dan Insiden. Jurnal Nuansa Indonesia, 21(1), 94–111.
Rahmawati, D. (2022). Representasi Citra Perempuan pada Iklan Parfum Posh Hijab Chic. In Skripsi Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan.
Rizqa, H. (2021). Sejarah Parfum di Dunia Kuno. Diakses Pada. https://www.republika.id/posts/16361/sejarah-parfum-di-dunia-kuno
Santoso, I. (2014.). Parfum dan Life Style. In Skripsi Program Studi Antroplogi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga.
Sari, D. R. (2020). Representasi Perempuan Muslimah pada Iklan Parfum Fres & Natural Hijab Refresh di Channel Youtube I Would Love Shoot. Skripsi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin IAIN Kediri.
Sari, S. P. da. A., & N. (2017.). Representasi Perempuan Bali dalam Novel-Novel Karya Oka Rusmini. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 44–48. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v2i2.241
Situmeang, I. O. (2015). Representasi Wanita pada Iklan Televisi Wardah Cosmetic. Semiotika Jurnal Komunikasi, 9(1), 113–141. https://doi.org/10.30813/s:jk.v9i1.11.g20
Stanton, R. (1965). An Introduction to Fiction. Holt, Rinehart and Winston.
Subastian, R. (2020). Representasi Cinta dalam Iklan Parfum Prancis (Analisis Semiotika. Skripsi Program Studi Sastra Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Hasanuddin.
Ajidarma, S. G. (2017). Jazz, Parfum, dan Insiden. PT. Bentang Pustaka.
Alfanda, A. da. F., & S. (2018). Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Pembelian Parfum di Azzwars Parfum Lubeg Padang. https://osf.io/preprints/inarxiv/upgc3/
Astuti, T. D. W. da. M. (2022). Krisis Pencarian Jati Diri Perempuan Modern Mencari Perempuan yang Hilang (Tinjauan Semiotik Kebudayaan Yuri Lotman. Pena Literasi, 5(1), 100–110.
Barthes, R. (2017). Elemen-elemen Semiologi. Basa-Basi.
Faruk. (2017). Metode Penelitian Sastra. Pustaka Pelajar.
Hall, S. (2003). The Work of Representation, Representation: Cultural Representations and Signifying Practice. Sage Publication.
Kurniullah, A. Z. (2015). Sensual Advertising TVC “Axe University” sebagai Representasi Kapitalisme Media dan Hyperrealitas Perempuan Indonesia. Semiotika: Jurnal Komunikasi, 9(2), 280–311.
Mu’arrof, A. (2019.). Representasi Masyarakat Pesisir: Analisis Semiotika dalam Novel Gadis Pantai Pesisir Karya Nunuk Y. In Kusmiana. Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra (SEMANTIKS.
Mulyana, A. (2014). Representasi Gaya Hidup Pria Metrosexual di Majalah Pria Ibukota. Jurnal Visi Komunikasi, 13(1), 69–86.
Nurgiyantoro, B. (2018). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press.
Nurhadi. (2008). Aspek Kekerasan sebagai Refleksi dan Formatif Kondidi Sosial Politik di Eks Timor Timur dalam Jazz, parfum, dan Insiden karya Seno Gumira Adjidarma. Dan Pengajarannya, 7(1), 133–31.
Partanto, P. da. D., & A. (1994). Kamus Ilmiah Populer. Arkola.
Rahmadani, A. N. P. (2019). Ideologi Seno Gumira Adjidarma dalam Novel Jazz, Parfum, dan Insiden. Jurnal Nuansa Indonesia, 21(1), 94–111.
Rahmawati, D. (2022). Representasi Citra Perempuan pada Iklan Parfum Posh Hijab Chic. In Skripsi Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan.
Rizqa, H. (2021). Sejarah Parfum di Dunia Kuno. Diakses Pada. https://www.republika.id/posts/16361/sejarah-parfum-di-dunia-kuno
Santoso, I. (2014.). Parfum dan Life Style. In Skripsi Program Studi Antroplogi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga.
Sari, D. R. (2020). Representasi Perempuan Muslimah pada Iklan Parfum Fres & Natural Hijab Refresh di Channel Youtube I Would Love Shoot. Skripsi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin IAIN Kediri.
Sari, S. P. da. A., & N. (2017.). Representasi Perempuan Bali dalam Novel-Novel Karya Oka Rusmini. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 44–48. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v2i2.241
Situmeang, I. O. (2015). Representasi Wanita pada Iklan Televisi Wardah Cosmetic. Semiotika Jurnal Komunikasi, 9(1), 113–141. https://doi.org/10.30813/s:jk.v9i1.11.g20
Stanton, R. (1965). An Introduction to Fiction. Holt, Rinehart and Winston.
Subastian, R. (2020). Representasi Cinta dalam Iklan Parfum Prancis (Analisis Semiotika. Skripsi Program Studi Sastra Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Hasanuddin.
Surya, J. A., Listia, N., & Rika, F. (2019). Representasi Perempuan dalam Iklan Televisi “Downy” Varian Parfum Collection dan Premium Parfum”. Jurnal Nirmala, 19(1), 41–51. https://doi.org/10.9744/nirmana.19.1.41-51
Susilowati, D. P. da. A. (2017). Agresivitas Tokoh dalam Novel Jazz, Parfum, dan Insiden karya Seno Gumira Ajidarma (Suatu Kajian Psikologi Sastra. Bahtera: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(2), 106–123.
Thamimi, M. (2016). Semiotik dalam Novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Danovar. Jurnal Pendidikan Bahasa, 5(!), 152–160.
Yulianti, Y. D. da. A., & P, W. (2017). Semiotika dalam Novel Rembulan Tenggelam di Wajahmu Karya Tere Liye. Jurnal Literasi, 1(2), 65–72.
Refbacks
- There are currently no refbacks.