PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN SASTRA

Aurel Malinda Zettirah, Cucu Gina Cahyani, Fais Afifah

Abstract


ABSTRAK
Berbagai media yang dapat digunakan dalam pembelajaran sastra dapat digunakan sesuai dengan kemampuannya untuk membekali siswa dengan pembelajaran yang bermakna. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan manfaat pembelajaran sastra dengan bantuan media sosial, kegunaannya, dan tantangan penggunaan media sosial sebagai sarana pembelajaran. Dalam analisis ini, kami menggunakan metode kualitatif. Pada metode ini peneliti menggunakan perspektif dari media sosial sebagai gambaran yang diutamakan dalam memperoleh hasil penelitian. Metode ini memudahkan penulis untuk pengumpulan data. Penggunaan media sosial untuk belajar sastra lebih selektif dalam arti dapat memperoleh informasi yang jelas dan terpercaya tentang sastra dan karya sastranya, dan siswa dapat menggunakan media sosial untuk mempresentasikan karyanya dalam media sastra seperti menulis puisi, majalah dan bisa memanfaatkan media sosial dengan baik untuk belajar sastra.

ABSTRACT
Various media that can be used in learning literature can be used according to their ability to equip students with meaningful learning. Therefore, the purpose of this research is to explain the benefits of learning literature with the help of social media, its uses, and the challenges of using social media as a learning tool. In this analysis, we use qualitative methods. In this method the researcher uses the perspective of social media as a preferred description in obtaining research results. This method makes it easier for the writer to collect data. The use of social media to study literature is more selective in the sense that it can obtain clear and reliable information about literature and its literary works, and students can use social media to present their work in literary media such as writing poetry, magazines and can make good use of social media to study literature.


Keywords


media sosial; pembelajaran; sastra; social media; learning; literature

Full Text:

PDF

References


Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial terhadap erubahan Sosial Masyarakat di

Indonesia. PUBLICIANA, 9(1).

Firdaus, & Arista, A. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Kebijakan Pendidikan di

Indonesia: Antara Idealisme & Realitas. uad press.

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Proses Belajar untuk

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional

Pendidikan, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1).

Irene, S. (n.d.). Pena Egon di Impitan Pandemi (Antologi Puisi). Muhammad Zaini.

L. B. Henriksen. (2017). Change, Concepts and the Conceptualising Method. Proceedings

of Pragmatic Constructivism, 6(2).

Masruro, I., Prasetyoningsih, L. S. A., Ambarwati, A., Saputri, N. D., & Wijayanti, J.

(2021). Menggagas Pembelajaran Sastra Indonesia pada Era Kelimpahan. Unisma

Press.

Mohammad Kamaluddin. (2020). Media Sosial sebagai Budaya Baru Pembelajaran di SD

Muhammadiyah 9 Malang. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 18.

Mulyono, A. (2020). Aplogia Pendidikan Kaum Miskin. Guepedia.

Musa, M. Z., Sugiarti, Pardosi, A. S., Hang, N. T. T., & Haris, A. (2021).

Internasionalisasi Bahasa Indonesia: Perspektif Lintas Negara. UMM Press.

Oktavia, Y., & Hulu, F. (2017). Pengembangan Modul Ejaan Bahasa Indonesia Berbasis

Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Belajar Bahasa: Jurnal Imiah

Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia, 2(2).

Richey, R. C., Klein, J. D., & Tracey, M. W. (2011). Chapter 8: Contructivist Design

Theory. The Instructional Design Knowledge Base. Routledge.

Ridwan, A., Firmansyah, M. B., & Rosyidah, I. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai

Media Pembelajaran Sastra di Era Digital. Prodising Transformasi Pembelajaran

Nasional (Pro-Trapenas)).

Simarmata, J., Chaerul, M., Mukti, R. C., Purba, D. W., Tamrin, A. F., Jamaludin,

Suhelayanti, Watrianthos, R., Sahabuddin, A. A., & Meganingratna, A. (2020).

Teknologi Informasi: Aplikasi & Penerapannya. Yayasan Kita Menulis.

Sitorus, P. J. (2021). Sastra dalam Dunia Wawasan Kristen dan Dunia Digital. Evernity.

Sudarsana, I. K. (2016). The Importance of Morals Teaching in Shaping The Students`

Characters in School. In Dharma Acarya Faculity International Seminar Proceeding

Book.

Sudjana, N., & Rivai, A. (2010). Media Pembelajaran. Sinar Baru Algensindo.

Ulfah, A. (2020). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pembelajaran Bahasa

Indonesia di Masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra

Indonesia (SENASBASA), 4(1)


Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Tandai Penghitung

 Lihat Statistik Saya