PEMANFAATAN APLIKASI QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI KELAS VII-B MTS NEGERI 1 KOTA SERANG
Abstract
ABSTRAK
Pada zaman yang serba canggih ini, manusia dimanjakan oleh segala kecanggihan teknologi. Semua pekerjaan dibidang apapun dapat dibantu oleh teknologi. Termasuk bidang pendidikan. Hampir seluruh siswa mempunyai smartphone. Hal ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh guru untuk dijadikan sebuah media pembelajaran. Guru dapat memanfaatkan aplikasi belajar yang bisa diakses oleh siswa melalui smartphone atau laptop. Salah satu aplikasi yang dapat menunjang pembelajaran jarak jauh adalah aplikasi Quizizz. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi Quizizz terhadap pembelajaran jarak jauh di MTs Negeri 1 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dengan adanya penelitian ini, semoga dapat membantu guru untuk membuat media pembelajaran yang lebih baik dan inovatif. Hasil penelitian ini ialah pemanfaatan aplikasi Quizizz membuat nilai siswa lebih baik dari nilai sebelumnya. Meskipun ada satu orang yang nilainya masih di bawah KKM. Namun, secara keseluruhan aplikasi Quizizz sangat bermanfaat untuk media pembelajaran di era Pandemi Covid-19.
ABSTRACT
In this sophisticated age, humans are spoiled by all technological sophistication. All work in any field can be assisted by technology. Including the field of education. Almost all students have smartphones. This can be used properly by the teacher to become a learning medium. Teachers can take advantage of learning applications that can be accessed by students via smartphones or laptops. One application that can support learning is the Quizizz application. This study aims to determine the use of the Quizizz application for distance learning at MTs Negeri 1 Serang City. This study used descriptive qualitative method. With this research, hopefully it can help teachers to make better and innovative learning media.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achmadi, Taofan Ali. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Semarang: Lembaga
Pendidikan Sukafno Pressindo.
Al-Yakin, Ahmad, Herlina Ahmad, Abdul Latif. (2021). Media Quizizz Sebagai Aplikasi
Assesment Pembelajaran. Yogyakarta: Nas Media Pustaka.
Damanik, Dhea Br, Oktaviana Nirmala Purba, Sri Rahayu, an Imelda Khairot. (2022).
Media Pembelajaran Quizizz Untuk Guru dan Dosen. Malang: Literasi Nusantara
Abadi.
Difany, Salsabila, Unik Hanifah Salsabila, Iefone Shiflana Habiba, Isti Lailatul Amanah,
Nur Asih Istiqomah. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media
Pembelajaran Ditengah Pandemi pada Siswa SMA. Journal unja: Jurnal Ilmiah
Ilmu Terapan Universitas Jambi Vol 2 No 2. https://onlinejournal.unja.ac.id/JIITUJ/article/download/11605/10463.
Dkk, Tuti Fatma Rahmawati. (2021). Pembelajaran Untuk Menjaga Ketertarikan Siswa di
Masa Pandemi. Yogyakarta: UAD Press.
Duludu, Ummyssalam A.T.A (2017). Buku Ajar Kurikulum Bahan Dan Media
Pembelajaran PLS. Sleman: Deepublish.
Husein, Batubara Hamdan, (2020). Media Pembelajaran Efektif. Semarang: Fatawa
Publishing.
Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia
Indonesia.
Murniaseh, Endah. (2020). Cara Menggunakan Quizizz: Platform Kuis Interaktif
Belajar Online, website Tirto.id.
Putria, Nunuk Suryani, Achmad Setawan, dan Aditin. (2018). Media Pembelajaran Inovatif
dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rahmawati, Feby Dwi, Ibrahim Sani Ali Manggala, dan Yuniawatika. (2021). Penyusunan
Instrumen Tes dan Pembuatan Online Quiz bagi Guru. Madiun: Bayfa Cendekia
Indonesia.
Ridwan, Fachrur Rajabani. (2021). Aplikasi Brainly sebagai Alternatif Berdiskusi,
Bersosialisasi, dan Berprestasi di Masa Pandemi. Sintesa: Jurnal Ilmu
Pendidikan, 16(1), 22-29. https://www.sintesa.stkiparrahmaniyah.ac.id/index.php/sintesa/ article/view/27
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tersiana, Andra. (2018). Metode Penelitian. Yogyakarta: Start Up.
Web, LPMP Bengkulu Admin. (2022). Belajar Asyik di Tengah Pandemi Covid-19.
Website LPMP Bengkulu Kemdikbud.
Refbacks
- There are currently no refbacks.