PENGARUH PARENTING PADA TOKOH WASKITO DALAM NOVEL PERTEMUAN DUA HATI: KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh parenting terhadap tokoh Waskito dalam novel Pertemuan Dua Hati. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kutipan dari novel Pertemuan Dua Hati. Sumber data penelitian ini adalah novel Pertemuan Dua Hati. Teknik perolehan data dilakukan melalui teknik menyimak dan mencatat. Prosedur pengumpulan data adalah sebagai berikut: (1) membaca novel secara keseluruhan, (2) memilih kata-kata sebagai data yang dibutuhkan atau berhubungan dengan unsur yang diteliti, (3) menganalisis dan mencatat data tersebut sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. (4) menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa pola asuh pada tokoh Waskito terjadi secara turun menurun yaitu dari Kakek Waskito kepada Bapak Waskito dan Bapak Waskito kepada Waskito. Adapun pola asuh yang digunakan yaitu pola asuh otoriter. Pola asuh tersebut mempengaruhi psikis Waskito dan dituangkan olehnya dalam bentuk pemberontakan baik kemarahan, ketidakpatuhan, dan kekerasan.
ABSTRACT
The purpose of this study was to explain the effect of parenting on Waskito's character in the Pertemuan Dua Hati novel. The research method used is descriptive and qualitative. The data in this study are excerpts from the Pertemuan Dua Hati novel . The data source of this research is the Pertemuan Dua Hati novel. The data acquisition technique is done through listening and note-taking techniques. The procedure for data collection is as follows: (1) reading the novel as a whole, (2) choosing words as data needed or related to the elements studied, (3) analyzing and recording the data according to the desired needs. (4) draw conclusions. Based on the results of the analysis, it was found that the parenting pattern of Waskito's character was hereditary, from Grandpa Waskito to Mr. Waskito and Mr. Waskito to Waskito. The parenting pattern used is authoritarian parenting. This parenting style affects Waskito's psyche and is expressed by him in the form of rebellion, anger, disobedience, and violence.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aeni, N. A. (2014). Pendidikan Karakter untuk Siswa SD dalam Perspektif Islam. Jurnal
Universitas Pendidikan Indonesia, 1(1), 50–58.
Afdhal, M. F. (2021). Pengaruh City Branding “Kota Santri dan Ulama” Terhadap Minat
Masyarakat untuk Menabung di Bank Syariah Parepare.
Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk
Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1),
–122.
Burhan, N. (2015). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press.
Dini, N. (1995). Pertemuan Dua Hati. PT Gramedia Pustaka Utama.
Ensiklopedia Sastra Indonesia-Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Nh. Dini, dalam
http://ensiklopedia.kemdikbud.go.id/sastra/artikel/Nh_Dini, diakses pada 23 Juni
pukul 17. 23 WIB.
Giawa, M. I. P., Duha, A., & Dakhi, S. (2022). Analisis Perwatakan Tokoh dalam Novel
Pertemuan Dua Hati Karya Nh. Dini. Kohesi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra
Indonesia, 2(2), 22–33.
Haslinda. (2019). Kajian Apresiasi Prosa Fiksi Berbasis Kearifan Lokal. Cv. Berkah
Utami.
Lubis, J. A., Pujiastuti, I., & Indrayatti, W. (2021). Variasi Bahasa Acara Kuliner Bikin
Laper Trans Tv dan Tanboy Kun Youtube. Student Online Journal (SOJ) UMRAHKeguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 912–919.
Mauanah, S., & Suprijono, A. (2016). Parenting Education sebagai Pendidikan Keluarga.
Paradigma, 4(2), 1–10.
Milawasri, F. A. (2017). Analisis Karakter Tokoh Utama Wanita dalam Cerpen Mendiang
Karya SN Ratmana. Jurnal Bindo Sastra, 1(2), 87–94.
Permana, D. A. (2016). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Novel Pertemuan Dua Hati
karya Nh.
Pravitasari, T. (2012). Pengaruh Persepsi Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Perilaku
Membolos. Educational Psychology Journal, 1(1).
Santoso, A. D. (2019). Apresiasi Prosa Fiksi. PT Penerbit Intan Pariwara.
Saputri, E. R. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Sikap Disiplin dan
Tanggung Jawab Belajar Siswa Mi Ma’arif Sucen Lor Sucen Salam Magelang.
Septiani, B., Aisyah, S., Selvia, E., & Putri, Y. F. (2022). Konsep dan Tahapan
Pembentukan Program Parenting: Konsep dan Tahapan Pembentukan Program
Parenting. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(02 Juni), 275–280.
Sumarlin, N. (2017). Nilai-Nilai Pendidikan dalam Novel Pertemuan Dua Hati Karya Nh.
Dini: Tinjauan Sosiologi Sastra. EDU-KATA Jurnal Bahasa, Sastra, Dan
Pembelajarannya, 4(1).
Kustiawan, A. A., and Utomo AWB. (2019). Jangan Suka Game Online: Pengaruh Game
Online dan Tindakan Pencegahan. CV. Magetan, Jawa Timur: AE Media Grafika.
Manik, A. A. R. B., J. F. Purba, and I. S. Sianturi. (2020). “Pemorelahan Bahasa pada
Anak Usia 5 Tahun: Kajian Psikolinguistik.” Jurnal Sasindo (Program Studi Sastra
Indonesia FBS Unimed), 9(2).
Murdyanti, Nurma. (2021). Kajian Frasa Nomina Beratribut pada Teks Terjemahan AlQuran Surat Al-Ahzab. Universtas Muhammadiyah Surakarta.
Nazir, Moh, and Moh. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Risma, Tiyasti Ningrum, and Purwo Yudi Utomo Asep. (2021). “Analisis Frasa Nominal
Subordinatif pada Teks Berita Suara.Com ‘Tak Semuanya Sehat, Sayuran Jenis Ini
Justru Picu Tekanan Darah Tinggi.’” Jurnal Ilmu Kebahasaan dan Kesehatan.
Rodhiyatullahmi, R., S. Makmun, and B. Muslim. (2022). “Peran Gawai terhadap
Pemerolehan Bahasa Anak Usia 7—12 Tahun di Desa Ombe Baru Kecamatan Kediri
Kabupaten Lombok Barat.” Jurnal Ilmiah Telaah, 7(1).
Setyadi, Ary. (2017). “Unsur Tambahan dalam Frase Adjektiva.” Jurnal Nusa 14(4).
Sulastri, Eko Evi. (2022). “Pemerolehan Bahasa Anak Usia 5 Tahun pada Tataran
Fonetik: Kajian Psikolinguistik.” Jurnal Palgunadi, 1(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.