MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA DAN KEMAMPUAN LITERASI SPASIAL SISWA
Abstract
Keterampilan literasi spasial memiliki peran yang sangat penting untuk membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Discovery Learning berbantuan Geogebra terhadap kemampuan literasi spasial. Penelitian dilaksanakan di salah satu SMP Swasta di Tangerang Selatan. Penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan rancangan Posttest only control group desain with randomization. Sampel penelitian sebanyak masing-masing 25 siswa kelas eksperimen dan kontrol. Data dikumpulkan dengan instrumen tes dan dianalisis menggunakan uji Independent Sampel t-Test. Hasil penelitian mengungkapkan kemampuan literasi spasial siswa yang diajarkan model Discovery Learning berbantuan Geogebra lebih tinggi daripada kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Kemampuan literasi spasial siswa kelas eksperimen memiliki skor tertinggi pada indikator visualisasi dan skor terendah pada indikator penalaran, sedangkan siswa kelas kontrol memiliki skor tertinggi pada indikator komunikasi dan skor terendah pada indikator visualisasi. Model Discovery Learning berbantuan Geogebra berpengaruh terhadap kemampuan literasi spasial siswa.
Keywords
DOI: 10.15408/ajme.v6i2.43415
Refbacks
- There are currently no refbacks.