PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MEMFASILITASI LITERASI SPASIAL SISWA PADA MATERI DIMENSI TIGA

Methavia Nurul Annisa, Firdausi Firdausi, Femmy Diwidian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis Pembelajaran Kontekstual dalam memfasilitasi literasi spasial siswa SMA/MA pada materi Dimensi Tiga yang memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Bahan ajar yang dikembangkan adalah bahan ajar cetak yaitu Modul. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini menggunakan subjek uji coba yaitu siswa kelas XII IPA 5 di SMAN 8 Kota Tangerang Selatan dengan total 34 siswa, dengan validator yang terdiri atas 3 dosen Pendidikan Matematika sebagai ahli dan 5 guru bidang Matematika sebagai praktisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) bahan ajar tergolong sangat valid dengan nilai 0,905 berdasarkan hasil uji validasi oleh ahli, (b) bahan ajar dinilai sangat praktis didasarkan pada hasil uji validasi oleh praktisi yang memperoleh nilai 0,872 dan hasil angket respons siswa memperoleh nilai 0,846, dan (c) bahan ajar efektif dalam memfasilitasi kemampuan literasi spasial siswa, dimana hasil tes menunjukkan sebanyak 79,4% siswa memenuhi nilai KKM yaitu 78. Sehingga dapat disimpulkan, bahan ajar Dimensi Tiga berbasis Pembelajaran Kontekstual dapat memfasilitasi literasi spasial siswa SMA/MA.


Keywords


ADDIE, Bahan Ajar, Dimensi Tiga, Kemampuan Literasi Spasial, Pembelajaran Kontekstual

Full Text: PDF

DOI: 10.15408/ajme.v5i2.36116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.