PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DENGAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA

Khamida Siti Nur Atiqoh, Jihan Abiyyah Ranaista, Eva Musyrifah

Abstract


Abstract

This study aims to analyze the use of Google Classroom with Problem Based Learning model on students' mathematical representation abilities. This research was conducted at SMP Negeri 17 Tangerang Selatan City in the 2021/2022 academic year. The method used in this research is descriptive quantitative method, the test instrument has given in the form of 6 test items for mathematical representation ability and student response questionnaires in learning mathematics by Google Classroom with Problem Based Learning model. The research instrument was given to 78 students as research subjects. The results of this study are: the use of Google Classroom in learning mathematics with the Problem Based Learning model can be implemented by utilizing the features available in Google Classroom. The mathematical representation ability of students who learn by using Google Classroom with Problem Based Learning model as a whole is in the medium category. The positive response of students who learn mathematics using Google Classroom with Problem Based Learning model cumulatively 73.89% is in the high category.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media Google Classroom dengan model Problem Based Learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 17 Kota Tangerang Selatan pada tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, instrumen tes yang diberikan berupa 6 butir soal tes kemampuan representasi matematis dan angket respon siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan Google Classroom dengan Model Problem Based Learning. Instrumen penelitian diberikan kepada 78 siswa sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian ini yaitu penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran matematika dengan model Problem Based Learning dapat diimplementasikan dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada Google Classroom. Kemampuan representasi matematis siswa yang belajar menggunakan media Google Classroom dengan model Problem Based Learning secara keseluruhan berada pada kategori sedang. Serta untuk respon positif siswa yang belajar matematika menggunakan Google Classroom dengan model Problem Based Learning secara kumulatif sebesar 73.89% berada pada kategori tinggi.

Keywords


google classroom; mathematical representation ability; problem based learning

References


Amalia, A., & Sa’adah, N. (2020). DAMPAK WABAH COVID-19 TERHADAP KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI INDONESIA. Jurnal Psikologi, 13(2), 214–225. https://doi.org/10.35760/psi.2020.v13i2.3572

Amieny, E. A., & Firmansyah, D. (2021). KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. MAJU: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA, 8(1), 133–142.

Aslamiah, S., Johar, R., & Maidiyah, E. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Siswa melalui Model Problem Based Learning pada Materi Lingkaran dengan Konteks Kepramukaan di SMP. Jurnal Eksakta Pendidikan , 3(2), 92–99.

Gunawan, F. I., & Sunarman, S. G. (2018). PENGEMBANGAN KELAS VIRTUAL DENGAN GOOGLE CLASSROOM DALAM KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) TOPIK VEKTOR PADA SISWA SMK UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 340–348. https://classroom.google.com

Hakim, A. B. (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. IJTB | INTERNATIONAL JOURNAL OF TECHNOLOGY AND BUSINESS, 2(1), 1–6.

Hardianti, S. R., & Effendi, K. N. S. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMA KELAS XI. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1093-1104

Krisna, E. D., & Marlinda, N. L. P. M. (2020). Implementasi Problem Based Learning berbantuan Google Classroom Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 91–97. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.3.91-97

Kurniawati, M., Santanapurba, H., & Kusumawati, E. (2019). PENERAPAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 8–19. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i1.6827

Latip, A. (2020). PERAN LITERASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 107–115. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956

Lestari, S., & Marhamah, M. (2022). Pemanfaatan aplikasi Google Classroom sebagai alternatif dalam pembelajaran online. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 9(2), 146–154. https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i2.37057

Lidinillah, D. A. M. (2013). PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING).

Lutfi, J. S., & Khusna, H. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa berdasarkan Tingkat Motivasi Belajar pada Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2185–2197. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.728

NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. NCTM.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran. Rajawali Pers.

Sabirin, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33–44. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.49

Sapitri, I., & Ramlah, R. (2019). Kemampuan representasi matematis dalam menyelesaikan soal kubus dan balok pada siswa SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(1c), 829–835. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2511

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Susanti, S., Duskri, M., & Rahmi, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis melalui Model Problem-Based Learning pada Siswa SMP/MTs. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 77. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.7357

Suwanti, S., & Maryati, I. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning dan Probing Prompting Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 303–314. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1263

Yusuf, N. R., Bektiarso, S., & Sudarti, S. (2020). PENGARUH MODEL PBL DENGAN MEDIA GOOGLE CLASSROOM TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 230–235. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.3043


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/ajme.v5i1.32605

Refbacks

  • There are currently no refbacks.