PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR DITINJAU DARI GENDER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir aljabar peserta didik yang ditinjau dari gender dalam menyelesaikan soal-soal dengan materi relasi dan fungsi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan : 1) Tes kemampuan berpikir aljabar lalu dipilih dan dikategorikan pada kategori tinggi, sedang dan rendah dengan masing-masing kategori memenuhi gender laki-laki dan perempuan, 2) Wawancara untuk pemeriksaan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan berpikir aljabar tinggi dengan gender laki-laki mampu memenuhi keseluruhan indikator dan kemampuan berpikir aljabar tinggi dengan gender perempuan belum mampu memenuhi keseluruhan indikatornya. Sedangkan subjek dengan kemampuan berpikir aljabar sedang dengan gender laki-laki maupun perempuan sebagian besar sudah memenuhi indikatornya. Subjek dengan kelompok berpikir aljabar rendah belum mampu memenuhi sebagian besar indikator kemampuan berpikir aljabarnya.
Kata kunci: matematika, kemampuan berpikir aljabar, gender
DOI: 10.15408/ajme.v4i2.28609
Refbacks
- There are currently no refbacks.