Hegemoni Oposisi Biner Dalam Konten Forum Diskusi E-Learning

Ruisah Ruisah

Abstract


The research aims to asses the existence of hegemony on the online lecture or E-Learning which is learning done in electronic internet media both formally and informally. E-Learning that requires the level of learning interaction in discussion forum format, indicating the existance of hegemony related to binary opposition between two discussion participants. The study applies a decriptive method of binary opposition and hegemony that occurs in the process of E-learning discussion on particular course as the data in the study.Hegemony according to Gramsci is a dominant view of life and way of thinking, in which a concept of reality is disseminated in society both institutional and individual. The dominations are the main points of this research.

---

Penelitian ini bertujuan mengkaji adanya hegemoni dalam perkuliahan online atau E-learning, yaitu  pembelajaran yang dilakukan di media elektronik internet baik secara formal maupun informal. E-learning yang mengharuskan terjadinya kadar interaksi pembelajaran antara mahasiswa dan dosen dan memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran dalam format forum diskusi, menunjukkan adanya hegemoni terkait oposisi biner antara dua pelaku diskusi. Penelitian ini menerapkan metode deskritif tentang oposisi biner dan hegemoni yang terjadi pada proses diskusi e-learning pada kursus tertentu sebagai data dalam penelitian. Hegemoni menurut Gramsci adalah sebuah pandangan hidup dan cara berpikir yang dominan, yang di dalamnya sebuah konsep tentang kenyataan disebarluaskan dalam masyarakat baik secara institusional maupun perorangan. Dominasi-dominasi tersebutlah yang menjadi fokus dalam penelitian ini.


Keywords


Hegemony; Binary Opposition; E-learning

References


Chandrawati, Sri Rahayu. 2010. Pemanfaatan E-learning dalam Pembelajaran. No 2 Vol. 8. http://jurnal.untan.ac.id/

Eriyanto. 2011. Analisis Wacana. Yogyakarta: LKiS Group

Fatimah Djajasudarma. 1994. Wacana: Pemahaman dan Hubungan antar Unsur. Bandung: Eresco.

Hartanto, A. A., & Purbo, O. W. (2002). Buku pintar internet teknologi e-learning berbasis PHP dan MySQL. Jakarta: Penerbit PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Hasan Alwi, et.al. 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Henry Guntur Tarigan. 1987. Pengajaran Wacana. Bandung: Angkasa.

I.G.D Oka dan Suparno. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: Depdikbud.

Lexy J. Moleong. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. RemajaRosdakarya Media.

Nezar Patria, Antonio Gramsci Negara & Hegemoni, (Yogyakarta : Pustaka Pelajar. 1999)

Nugraheni Eko Wardani. 2009. Makna Totalitas Dalam Karya Sastra. Surakarta:LPP UNS dan UNS Press.

Ratna, Nyoman Kutha. 2004. Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Salim dan Syahrum. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:Citapustaka.

Sarwiji Suwandi. 2008. Serbalinguistik. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Smaratungga. (2009). [online] Available FTP: http://smaratungga.ning.com. Tanggal akses: 15 April 2017.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. Pusat Bahasa Depdiknas.

Sutopo. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Suyanto. (2005). [online] Available FTP: http://www.ipi.or.id/elearn.pdf. Tanggal akses 15 April 2017.

Artikel “Diskusi pengertian, unsur, fungsi dan jenis diskusi” Juli 2017 dalam situs http://www.softilmu.com/2016/12/diskusi-pengertian-unsur-fungsi-jenis-diskusi-adalah.html

Artikel “Teori Hegemoni Gramsci”, Juli 2017 dalam situs http://valasiseng.blogspot.com/2009/10/teori-hegemoni-gramsci.html

Ellis, Ryann K. (2009), [online] Available on FTP:http://www.astd.org/NR/rdonlyres/12ECDB99-3B91-403E-9B15- 7E597444645D/23395/LMS_fieldguide_20091.pdf


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/bat.v24i2.8563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ruisah Ruisah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.