Penelusuran Alumni Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniuora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract
This research is about tracing alumni by taking the research subjects of the alumni of Study Program of IPI FAH UIN Jakarta in the year 2008-2011. The objectives to be achieved in this study are universities in which the title takes the object of research in the FAH Library. The objectives to be achieved in this research are: (1) To find out the profile of graduates of the IPI, Program 2008 - 2011 in getting their jobs, (2) To find out the curriculum implementation carried out by the IPI in the learning process, (3) To get input or suggestions given by alumni for the development of IPI in the future. The method used to conduct this research is descriptive with a quantitative approach. The population in this study were IPI alumni, while data collection techniques were carried out through questionnaires to 49 respondents. The results obtained from this study indicate that (1) most of them have received work in accordance with the library science qualification in less than three months, even among them get a job before the thesis examination session, (2 ) Most of them assessed that the curriculum carried out by IPI was in accordance with their needs in the field of employment, (3) The alumni wanted computer-based courses to be offered to students.
---
Penelitian ini tentang penelusuran alumni dengan mengambil subjek penelitian para alumni Prodi IPI FAH UIN Jakarta Angkatan 2008-2011. Tujuan penelitian ini adalah perguruan tinggi sebagaimana tersebut dalam judul adalah: (1) Untuk mengetahui profil lulusan Prodi IPI tersebut dalam mendapatkan pekerjaannya, (2) Untuk mengetahui penerapan kurikulum yang dilaksanakan Prodi IPI dalam proses belajarnya, (3) Untuk mendapatkan masukan yang diberikan oleh para alumni untuk pengembangan Prodi IPI mendatang. Metode yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah alumni Prodi IPI, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepada 49 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebagian besar lulusan Prodi IPI telah memperoleh pekerjaa sesuai dengan kualifikasi pendidikan ilmu perpustakaan dalam tempo kurang daripada tiga sebulan, bahkan diantaranya mendapat pekerjaan sebelum sidang ujian skripsi, (2) Sebagian besar alumni Prodi IPI menilai kurikulum yang dilaksanakan Prodi IPI telah sesuai dengan kebutuhan mereka di lapangan kerja, (3) Para alumni menghendaki mata kuliah berbasis komputer ditawarkan kepada peserta didik, baik dalam bentuk proses belajar formal kuliah, atau pun non-formal.
Keywords
References
Dokumen Prodi IPI FAH UIN Jakarta
Finch, C.R dan Crunkilton. Curriculum Development in Vocational Education. Eaglewood, Cliff, New Jersey: Prenctice Hall, 1979.
Mestika Zed, Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2004
Meyer B. Object-oriented Software construction, 2nd ed., New Jersey: Prentice Hall, 1997.
Nasution, S. Asas-asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara. 2003.
Ninis Agustini Damayani. “pengembangan Program Pendidikan S1 dan S2 Ilmu Informasi dan Perpustakaan di Indonesia: Masalah dan Tantangan”. Makalah disampaikna pada Lokakarya Pengembangan Program Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan di Indonesia, di Jakarta 11 – 13 Juli 2005.
Peratura Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
Permendikbud RI Nomor 81 tahun 2014 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi.
Purwanto. Metode Penelitian Kuantitatif untuk Psikologi dan Pendidikan. Pustaka Pelajar, 2010.
Slamet, PH. “Penelusuran Alumni (treasure Study). Makalah pada Pascasarjana Universitas Negeri Yogya”, tahun 1999.
Sugiyono. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2013.
Sulistyo-Basuki, Metode Penelitian. Jakarta: Penaku, 2010
Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Departemen Pendidikan dan kebudayaan. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan yang dikeluarkan oleh Presiden RI.
Dedi Supriadi. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa. Surahmad, 1998.
Miftah Thoha. Birokrasi Politik di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.
Warsiman. Kurikulum dan Masyarakat. Sidoarjo. Makalah Seminar Nasional. ”Implementasi Kurikulum 2013: antara Tantangan dan Harapan”. Bojonegoro, 2013.
Winarno. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Depdikbud, 1997.
DOI: 10.15408/bat.v24i2.7541
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Mukmin Suprayogi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.