Persebaran Islam Makam Quna Bersyair di Indonesia

Mujib Mujib

Abstract


Bertahun-tahun sejak Snouck Horgronje mengadakan penelitian peleografi nisan makam kuna Aceh pada tahun 1906 Masehi(Tjndrasasmita, 1980:107),
dan dilanjutkan sampai kini oleh generasi-generasi sesudahnya dengan obyek yang berbeda , belum ada satupun laporan mereka yeng mengentengahkan analisis
terhadap Inskripsi syair yang dipahatkan pada beberapa nisan makam kuna yang sebenarnya telah mereka laporkan keberadaannya dan pembacanya itu.
Namun, panntas disyukuri sebaba diantara mereka ada yang telah mengemukakan dan memaparkan data berkaitan dengan pembacaan inskripsi syair tersebut,
seperti HasanMuarif Abrary (1980), A.Cholid Sodrie (1990), Lukaman Nurkim (1990) , dan lain-lain. Mereka belum sempat menganalisis  persebaran nisan-nisan
berinskripsi syair tersebut . Mereka uga belum membahas syair-syair tersebut secara mendalam. Hal itu mungkin juga karena adanya ikatan norma yang melekat
dalam pembahsan arkeologi yang mengutamakan pembahasan benda-benda tinggalan masa lalu, bukan pembahasan materi syair yang terpahat pada benda-benda itu.

Keywords


Inskipsi Syair,Nisan Makam Kuna Aceh, Arkeologi.

References


Al-Baba, al-Kamil. 1992. dinamika Kaligrafi Islam (terjemahan). Jakarta: Ddarul Ulum Press.

Ambary, Hasan Muarif. 1980 "Some Notes on the Discovery of the archeological at Ternate", dalam Aspek-aspek Arkeologi Indonesia, No.10. Jakarta; Pusat Penelitian Arkelogi Nasional.

------, 1987. "Ringkasan Disertasi: L 'Art Fune Raire Musulman en Indonesie des Origines ank.h KHIKH eme siecle", dalam 10 Tahun Kerjasama Pusat Penelitian Arkeologi Nasional dan EcoleFrancaise de'Ekhtreme-Orient. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Proyek Penelitian Purbakala Jakarta

Arnold, Thomas W. 1984. Sejarah Da'wah Islam (terjemahan). Jakarta: WIjaya.

Dramais, L.Ch. 1995. Epigrafi dan Serjarah Nusantara, Jakarta: Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.

Fadlilah, M Ali. 1989. "Simbul Cuestalia pada Makam Bugis Makasar dan Persamaannya di Asia Tenggara Suatu Kajian Tipologi Nisan Kubur", dalam Proccedings. Pertemuan Ilmiah Arkeologi V. Jakarta: Ikatan Ahli Arkeologi.

Hoykaas, C. 1947. Over Maleise Literature. Leiden.

Ismail, Faisal. 1984. Sejarah dan Kebudayaan Islam dari Zaman Permulaan Hingga Zaman Khulafaurrasyidin. Yogyakarta: Bina Usaha.

Kartodirjo, Sartono. 1982. "Beberapa Persoalan Konseptual", dalam Sartono Kartodirdjo: Pemikiran dan Perkembangan Historiografi Indonesia. Jakarta: Gramedia.

al-Galayini, al-Saikh Mustafa. 1984. Jami al-Lugat al-'Arabiyyat III. Beirut_Sayda: al-Maktabat al-'Asriyyat.

al-Razi, Syeh Ahmad Abu Hatim Ahmad bin Hamdan. Tt. al-Zinat fi al-Mustalahat al-Islamiyyat. Kairo.

al-Khubuwi, Utsman ibn Hasan ibn Ahmad al-Sakir. Tt. durrat al-Nasihin fi al-Mawid wa al-'Irsad. Surabaya: Ahmad Sa'd ibn Nubhan wa 'awladuh.

Ma'lu, Louis. 1984. al-Munjid fi al-Lugat. Beirut: Dar al-Fikr.

------, 1986. al-Munjid fi al-Lugat. Beirut; Dar al-Masriq Sarl Publishers.

Montana, Soewedi. 1985. "Mode Hiasan Matahari pada Pemakaman Islam Kuno di Beberapa Tempat di Jawa dan Madura", dalam Proccedings Pertemuan Ilmiah Arkeologi III. Jakarta: Proyek Penelitian Purbakala, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Morrison, G. E. 1951. A. Malay Poem in Old Sumateran Characters. JMBRAS 24 (1).

Nasiti, Titi Surti. 1994/1995. "Pertanian Masa Jawa Kuna: Usaha Konversial atau Langkah Pelengkap", dalam Analisis Hasil Penelitian Arkeologi. Jakarta: Proyek Penelitian Purbakala.

Nurhakim, Lukman. 1990. "Tinjaun Tipologi Pada Makam Islam Kuna di Indonesia", dalam Proccedings Analisis Hasil Penelitian Hasil Penelitian Arkeologi Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sabiq, al-Sayyid. 1983. Fiqh Sunnat. Beirut: Dar al-Fikr.

Sodrie, Ahmad, Cholid 1990. "Tinjauan Epigrafi Pada Nisan_nisan Makam Kuno di Indonesia", dalam Proccedings Analisis Hasil Penelitian Arkeologi" I. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sweeney, Amin. 1871. "Soime Observation on the Malay Shair. JMBRAS.44 (1).

Tjandrasasmita, Uka. 1989. "Peranan Kaum Sufi Dalam Penyebaran Islam dan Refleksinya pada Beberapa Nisan Kubur di Sebagian Daerah Asia Tenggara", dalam Proccedings Pertemuan Ilmiah Arkeologi V. Yogyakarta 4-7 Juli: Ikatan Ahli Arkeologi Indonesia.

-------, 1992 "Riwayat Penyelidikan Kepurbakalaan Islam di Indonesia", dalam 50 Tahun Lembaga Purbakala dan Peninggalan Nasional. JMBRAS. 31 (3) (reprint O.U.P 1969).

Yatim, Othman Mohd. 1988. Baln Aceh Early Islamic Gravestones in Paninsular Malaysia, Kuala Lumpur. Nuseum Association of Malaysia.




DOI: 10.15408/bat.v9i9.6916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Mujib Mujib

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.