Pengaruh Inovasi Produk Kualitas Produk Dan Penggunaan Informasi Akuntansi terhadap Kinerja Umkm Di Kabupaten Nganjuk

Hida Yatul Umi Alifah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti bagaimana pengaruh inovasi prosuk, kualitas produk dan penggunaan informasi akuntansi secara parsial maupun simultan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian menganut metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM di Kabupaten Nganjuk. Sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling, dengan perhitungan slovin sehingga diperoleh 100 sampel pelaku UMKM yang kemudian dilakukan analisis menggunakan analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis secara parsial menggunakan uji t dan simultan menggunakan uji F.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Inovasi produk berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM di Kabupetan Nganjuk 2) Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM di Kabupetan Nganjuk 3) Penggunaan informasi akuntansi berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM di Kabupetan Nganjuk 4) Kualitas produk, inovasi produk dan penggunaan informasi akuntansi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM di Kabupetan Nganjuk.
Keywords:inovasi produk, kualitas produk, penggunaan informasi akuntansi dan kinerja UMKM


Keywords


Akuntansi

Full Text:

PDF

References


Afandi. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Yogyakarta: Nusa Media.

Aisyah, S., & Ismunawan. (2020). Analisa Kompetensi SDM, Informasi Akuntansi, Teknologi Informasi, dan Penerapan SAK-EMKM terhadap Kualitas. Jurnal Ekonomi, Bisnis Digital, Ekonomi Kreatif, Dan Entrepreneur, Vol. 1 No. 1, 1-8.

Alyza, S. N. (2019). Pengaruh Faktor-Faktor Internal Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Keripik Nenas Di Desa Kualu Nenas Kec. Tambang Kampar. Skripsi, Pekanbaru : UIN Suska Riau.

Andre. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Bisnis UMKM (Studi Kasus Pada Bakmi Alex TSS). Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, Vol.6, No. 4, 364-368.

Aribawa, D. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Dan Keberlangsungan Umkm Di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis Vol. 20 No. 1, 1-13.

Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Chow, V., & Utama, L. (2023). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja UMKM Kain Ulos. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, Vol. 05, No. 02, 519-528.

Dekrijanti, I., & Lutfi, M. (2022). Financial Reporting: Study Pada UMKM Di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNP Kediri, 1154-1161.

Ermawati, N., & Arumsari, N. (2021). Sistem Informasi Akuntansi Pada Kinerja Usaha Kecil Menengah. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi Vol. 23, No. 1, 145-156.

Ernita, Suseno, B., Dewi, M., & Ilham, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Sistem Akuntansi, Dan Pemasaran Online Terhadap Kinerja Usaha UMKM Medan The Kitchen Of Asia (Mentai) Di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Muqoddimah : Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, Vol. 7, No. 1.

Ernita, Suseno, B., Dewi, M., & Ilham, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Sistem Akuntansi, Dan Pemasaran Online Terhadap Kinerja Usaha UMKM Medan The Kitchen Of Asia (Mentai) Di Kota Medan. jurnal ilmiah muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humaniora, Vol. 7, No.1, 324-331.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Herlina, V. (2019). Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. Jakarta: Gramedia.

Indonesia, U. U. (n.d.). Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Kalil, & Aenurohman, E. (2020). Dampak Kreativitas Dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja UKM Di Kota Semarang. Jurnal Penelitian Humaniora, Vol. 21, No. 1, 69-77.

Komariah, N. S., Nursal, M., & Rianto, M. (2022). Pengaruh Inovasi dan Media Sosial terhadap Kinerja UMKM Makanan Halal di Kota Bekasi Utara. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol 8 No. 2.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Jakarta: Salemba Empat.

Lorensa, E., & Hidayah, N. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Orientasi Pasar Dan Media Sosial Terhadap Kinerja UMKM Fashion. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan. Vol. 04, No. 03, 739-748.

Mauliansyah, T. I., & Saputra, M. (2019). Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi (Sia) Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris Pada UMKM Di Kota Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, Vol. 4 No. 4, 602-612.

Meylani, C. W., & Ismunawan. (2022). Pengaruh Persepsi Owner, Pemahaman, Pengetahuan dan Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja UMKM di Beteng Trade Center (BTC) Solo. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi (JRMA), Vol. 10, No. 1, 12-22.

Noerchoidah, Nurdina, & Ariprabowo, T. (2022). Penguatan Kompetensi Kewirausahaan Dan Inovasi Produk Sebagai Penentu Kinerja Ukm. Jurnal Buletin Bisnis & Manajemen, Vol. 8, No.1, 113-124.

Pranowo, I. H., Herwiyanti, E., & Mafudi. (2021). Pengaruh Inovasi Produk, Literasi Keuangan, dan Kredit Usaha Rakyat Terhadap Kinerja UKM Konveksi Kota Tangerang Selatan. Jurnal READ (Research of Empowerment and Development), Vol. 2, No. 2, 73-80.

Puspitawati, L. (2021). Sistem Informasi Akuntansi: Kualitas dan Faktor Lingkungan Organisasi yang Mempengaruhi. Bandung: Rekayasa Sains.

Putri, B. R. (2017). Manjaemen Pemasaran. . Denpasar: Fakultas Perikanan Udayana.

Rivai, V. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Romney , M., & Steinbart, P. (2019). Sistem Informasi Akuntansi. Edisi 13. Jakarta: Salemba Empat.

Santoso, S. (2018). Menguasai Statistik dengan SPSS 25. Jakarta: PT Gramedia.

Setiadi, N. (2019). Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer. Pada Motif, Tujuan, Dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sinambela, L., & Sinambela, S. (2021). Metodologi Penelitian KuanTitatif - Teori Dan Praktik. Depok: Rajawali Pers.

Sopian, D., & Suwartika, W. (2019). Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi, Vol. 11 No. 2, 40-53.

Subekti, R. A., & Pahlevi, R. W. (2022). Pengaruh Implementasi E-Payment Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja UMKM (Studi Kasus Pada Usaha Produk Hobi Alat Pancing). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol.1, No.6, 985-996.

Subekti, R., & Pahlevi, R. (2022). Pengaruh Implementasi E-Payment Dan Kualitas Produk Terhadap Kinerja Umkm (Studi Kasus Pada Usaha Produk Hobi Alat Pancing). Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, Vol.1, No.6, 985-996.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujatmiko, T. (2022, November 28). Pertumbuhan Bisnis UMKM Melambat, Indeks Bisnis UMKM BRI di Q3 Optimistis. Retrieved from www.krjogja.com: https://www.krjogja.com/ekonomi/read/482752/pertumbuhan-bisnis-umkm-melambat-indeks-bisnis-umkm-bri-di-q3-optimistis

Susanto, A. (2017). Sistem Informasi Akuntansi-Pemahaman Konsep Secara Terpadu, Edisi Perdana, Cetakan pertama. Bandung: Lingga Jaya.

Suta, D., & Prayudi, M. (2022). Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi, Tingkat Pendidikan, Gender, terhadap Keberhasilan UKM Di Kecamatan Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, Vol. 14 No.1, 33-44.

Syahputra, H. A. (2020). Peran Inovasi Produk Dan Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike Pada Pengunjung Outlet Nike. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 8 No. 1, 1-9.

Taufiq, M., Prihatni, R., & Gurendrawati, E. (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Produk Dan Penggunaan Sistem Akuntansi Terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Akuntansi, Perpajakan dan Auditing, Vol.1, No.2, 2014-2020.

Wijaya, T. (2018). Manajemen Kualitas Jasa, Edisi Kedua. Jakarta: PT Indeks.

Yuningsih, E., & Silaningsih, E. (2020). Manajemen Bisnis dan Inovasi. Bandung: Widina Bhakti Persada.




DOI: https://doi.org/10.15408/akt.v16i2.35402 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by
Department of Accounting, Faculty of Economic and Business,
Syarif Hidayatullah State Islamic University

Jl. Ir. H. Juanda no 95, Ciputat 15412, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
Phone:+62(21) 7493318, Fax.: +62 (21) 7496006. e-Mail: akuntabilitas@uinjkt.ac.id 

View My Stats License

This work is licensed under CC BY-SA

Â