PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Umi Muawanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengungkapan Corporate Social Responsibility (diproksi Indeks GRI 4) terhadap nilai perusahaan (diproksi oleh Tobin’s Q). Model penelitian dikembangkan dengan menambahkan empat variabel kontrol yang meliputi ukuran perusahaan, market share, leverage, dan pertumbuhan perusahaan. Penelitian ini menggunakan desain explanatory research dan menggunakan sampel sebanyak 90 amatan Laporan Keuangan  perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada periode 2014 – 2016.

Data penelitian dianalisis menggunakan Regresi Berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa model penelitian yang dikembangkan memenuhi kaidah goodness of fit, secara simultan Indeks Pengungkapan CSR, ukuran perusahaan, market share, leverage, dan pertumbuhan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Namun hasil analisis secara parsial menunjukkan indeks pengungkapan CSR, Market share, dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan ukuran perusahaan dan leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan akan berdampak terhadap nilai perusahaan jika perusahaan memiliki market share dan pertumbuhan perusahaan pertumbuhan yang tinggi.



DOI: https://doi.org/10.15408/akt.v12i1.12746 Abstract - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Published by
Department of Accounting, Faculty of Economic and Business,
Syarif Hidayatullah State Islamic University

Jl. Ir. H. Juanda no 95, Ciputat 15412, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia
Phone:+62(21) 7493318, Fax.: +62 (21) 7496006. e-Mail: akuntabilitas@uinjkt.ac.id 

View My Stats License

This work is licensed under CC BY-SA

Â