ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG WISATA AGRO EDUKATIF CIBUGARY
Abstract
Wisata merupakan salah satu kegiatan yang bermanfaat untuk menyegarkan pikiran untuk membangun kebersamaandengan kerabat, teman, dan lain-lain. Indonesia dengan seluruh keindahan yang dimiliki mulai dari keindahan alam, keindahan bahari, hingga keindahan kesenian dan kebudayaannya menjadikan sebuah daya tarik tersendiri dan menjadi kesempatan yang baikuntuk mengembangkan kegiatan wisata. Sebagai Negara agraris, Indonesia mulai mengembangkan kegiatan yang berkaitandengan alam, salah satunya adalah kegiatan agrowisata dibidang peternakan. Salah satu tempat wisata yang mengembangkan kegiatan wisata bidang peternakan adalah Cibugary, bergerak sejak tahun 2005, jumlah pengunjung Cibugary mengalami penurunan dan kenaikan, penurunan jumlah pengunjung kembali terjadi pada tahun 2014.
Tujuan dilakukannya penilitian ini adalah (1) Menganalisis karakteristik pengunjung wisata Cibugary, (2) Menganalisiskualitas pelayanan wisata Cibugary,
Menganalisis tingkat kepuasan pengunjung wisata Cibugary. Untuk mengukur kualitas pelayanan wisata Cibugary diukur denganmenggunakan metode IPA (Importance Performance Analysis), dan untuk mengukur tingkat kepuasan pengunjung Cibugarydiukur dengan menggunakan metode CSI (Customer Satisfaction Index).
Berdasarkan analisis yang dilakukan, sebagian besar pengunjung berjenis kelamin perempuan dengan rentang usia 35tahun ke atas, dengan jenis pekerjaan guru dan berdomisili di Jakarta. Berdasarkan penghitungan antara penilaian kinerja denganpenilaian kepentingan dari 22 atribut, terdapat 17 atribut yang telah memenuhi kepuasan pengunjung dengan nilai Tki > 1, dan 5 atribut belum memenuhi kepuasan pengunjung dengan nilai Tki < 1. Berdasarkan pemetaan dengan diagram kartesius, terdapat 1atribut dalam kuadran I (Prioritas Utama), 10 atribut dalam kuadran II (Pertahankan Prestasi), 8 atribut dalam kuadran III (Prioritas Rendah), dan 3 atribut dalam kuadran IV (Berlebihan). Berdasarkan hasil penelitian, niali tingkat kepuasan pengunjung wisata Cibugary sebesar 79,8% berada pada criteria “puas”, terdapat 20,2% kepuasan pengunjung yang belum terpenuhi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aritonang, R Lerbin R. 2005. Kepuasan Pelanggan Pengukuran dan Penganalisisan dengan SPSS. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta
Boyd, et al. 2000. Manajemen Pemasaran Suatu Pendekatan Dengan Orientasi Global. Erlangga, Jakarta.
Erisca, Aulia,. Proses Pengambilan Keputusan Pembelian dan Tingkat Kepuasan Konsumen Klappertaart Huize Bogor-Jawa Barat. [Skripsi] (Bogor: IPB, 2015)
Hasan, Iqbal. 2006. Analisis Data Penelitian Dangan Statistik. PT Bumi Aksara.Jakarta.
Kotler, Phillip dan Kevin L. Keller. 2007. Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi 12.
Alih bahasa oleh Benyamin Molan. PT Indeks. Jakarta.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid I Edisi 12. Erlangga. Jakarta.
Lovelock, Christoper H dan Lauren K. Wright. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa.
Alih bahasa oleh Ir. Agus Widyantoro dan tim. PT Indeks. Jakarta. Lovelock, Christope H. 2010. Pemasaran Jasa Jilid 2. Erlangga. Jakarta.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi Edisi 3. Salemba Empat. Jakarta.
Malo, Manasse. 2014. Metode Penelitian Masyarakat. Universitas Indonesia. Jakarta. Pambudy, Rachmat. 2001. Bisnis dan Kewirausahaan Dalam Sistem Agribisnis.Pustaka Wirausaha Muda. Bogor.
Ramadhani, Fithria. Strategi Pengembangan Wisata Agro Edukatif Istana Susu Cibugary Cibubur Jakarta Timur. [Skripsi] (Bogor: IPB, 2012)
Supranto, J. 2011. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta. Bandung.
Tjiptono, Fandy. 2007. Pemasaran Jasa. Bayumedia Publishing, Malang.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality and Satisfaction edisi 3. Penerbit Andi. Yogyakarta.
Tophani, Siviana. Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Produk Madu Pramuka (Studi Kasus: PT Madu Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur) [Skripsi] (Jakarta: UIN, 2013)
Umar, Husein,. 2000. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. PT Gramedia Utama. Jakarta.
Yoeti, Oka A. 2008. Ekowisata Pariwisata Berwawasan Lingkungan Hidup. PT. Pertja, Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.15408/aj.v10i2.28571 Abstract - 0 PDF - 0
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
ISSN:1979-0058
AGRIBUSINESS JOURNAL CONTACT
Dr., Ir. Elpawati, M.P.
+62813-8466-6693
Chief Editor Agribusiness Journal
Department of Agribusiness Faculty Sains and Technology
State Islamic University Syarif Hidayatullah Jakarta, Banten, Indonesia
Jl. Ir.H. Juanda No. 95 Ciputat Tangerang 15412
Tel : +62 877 8030 2523 (WhatsUp Text Only)
Email: agribusiness.journal@uinjkt.ac.id
Â
Â