Ideologi Sosialisme di Indonesia

Gilang Rizki Aji Putra

Abstract


Abstrak:

Sosialisme adalah sebuah ideologi, dan kepemilikan kolektif adalah cara hidup terbaik. Sosialisme tidak menyetujui kepemilikan pribadi karena membuat orang menjadi egois dan merusak harmoni alam masyarakat. Sosialisme berharap untuk menghilangkan kemiskinan dan mengeksploitasi rakyat kecil melalui produksi yang mengatur negara. Sosialisme menuntut semua lapisan masyarakat, semua lapisan dan lapisan untuk menikmati hak yang sama untuk menikmati kesejahteraan, kekayaan dan kemakmuran. Sosialisme harus mewujudkan keadilan umum dalam ekonomi. Tugas negara adalah memastikan bahwa kesejahteraan semua orang menerima sebanyak mungkin faktor produksi, bukan berfokus pada kesejahteraan pribadi. Sosialisme percaya bahwa negara adalah sistem di atas masyarakat, dan ia mengatur masyarakat tanpa syarat. Nilai utama sosialisme adalah kesetaraan, kerja sama, dan kasih sayang. Produksi dilakukan atas dasar penggunaan, bukan hanya untuk keuntungan. Persaingan digantikan oleh rencana. Setiap orang bekerja untuk komunitas, berkontribusi pada kebaikan bersama, dan karena itu mempertimbangkan orang lain. Kedua, basis ontologis sebagai basis sosialisme terkait dengan fitrah moral umat manusia. Sifat manusia; harmoni dengan tatanan sosial. Sosialisme percaya bahwa sifat moral manusia itu baik. Sifatnya adalah sosial; ia mengasumsikan harmoni atau harmoni dalam tatanan sosial.

Kata Kunci: Sosialisme, Idiologi, dan Kapitalisme


References


Wikandaru, Reno; Cahyo, Budhi. “Landasan Ontologis Sosialisme.” Jurnal Filsafat, Vol. 26, No. 1, Februari (2016).

Winaryo, Wahyudi. “Mempertahankan Sosialisme di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Bestari, No. 30 Th. XIII. (2000).

Molan, Benyamin. “Sosialisme Ekonomi Karl Marx dan Karl Polanyi dalam Perbandingan.” Jurnal RESPONS volume 15 no. 02. Hal. 287 – 322. (2010).

Nurrochman. “Islam dan Sosialisme : Telaah atas Pemikiran Ali Syari’ati.” Jurnal Wahana Akademika Vol. 1 No. 1, Hal. 41-58 April (2014).




DOI: https://doi.org/10.15408/adalah.v3i4.18532 Abstract - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.