Keniscayaan Politik Identitas Dari Suatu Bangsa dan Agama

Zahrotunnimah Zahrotunnimah

Abstract


Abstract:

The discussion of this simple article was inspired by a book entitled The Politics of Identity and the Future of Our Pluralism. The problem in this book is whether the identity politics in Indonesia will jeopardize the nationalist position and pluralism in Indonesia in the future? If dangerous in what form? How to handle it? The source of this book relies on the opinion of L. A Kauffman who first explained the nature of identity politics, and who first introduced the term political identity which is still unknown. However, in this book explained substantively, identity politics is associated with the interests of members of a social group who feel blackmailed and feel alienated by large currents in a nation or state.

Keywords: Identity Politics, Nation, Religion

Abstrak:

Pembahasan artikel sederhana ini terinspirasi dari buku berjudul Politik Identitas dan Masa Depan Pluralisme Kita. Permasalahan dalam buku ini adalah apakah poitik identitas di Indonesia ini akan membahayakan posisi nasionalis dan pluralisme di Indonesia di masa yang akan datang? Jika berbahaya dalam bentuk apa? Bagaimana cara mengatasinya? Sumber buku ini bersandarkan pada pendapat L. A Kauffman yang pertama kali menjelaskan tentang hakekat politik identitas, dan siapa yang pertama kali memperkenalkan istilah politik identitas yang masih belum diketahui sampai saat ini. Tetapi, didalam buku ini dijelaskan secara substansif, politik identitas dikaitkan dengan kepentingan anggota-anggota sebuah kelompok sosial yang merasa diperas dan merasa tersingkir oleh arus besar dalam sebuah bangsa atau negara.

 Kata Kunci: Politik Identitas, Bangsa, Agama

 

 

 


Full Text:

PDF

References


Abdillah, Ubed. Politik Identitas Etnis. Pergulatan Tanda Tanpa Identitas. Magelang: IndonesiaTera, 2002.

Aji, A.M; Yunus, NR. "Identity Politics in Cultural and Structural Islam in Indonesia," Ahkam: Jurnal Ilmu Syariah, Vol. 19. No. 1 (2019).

Gellner, Ernest. Nations and Nationalism. Ithaca: Cornell University Press.1983.

Maarif, Ahmad Syafii. 2012. Politik Identitas dan Masa Depan Pluralisme Kita, Jakarta, Democracy Project, 2012.

Setyaningrum, Arie.”Memetakan lokasi bagi politik identitas dalam wacana politikposkolonial” dalam “Politik perlawanan” Yogyakarta: IRE, 2005.

Ernest Gellner, Nations and nationalism, Ithaca : Cornell University Press, 1983.

Maarif, Ahmad Syafii, Politik Identitas dan Masa Depan Pluralisme Kita, (Jakarta: Democracy Project, 2012).




DOI: https://doi.org/10.15408/adalah.v4i2.15529 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.