IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL AWIK-AWIK DESA SESAOT DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Mohammad Liwa Irrubai

Abstract


Abstract

This paper describes the implementation of local wisdom values awik-awik Sesaot Village, Narmada District, West Lombok, West Nusa Tenggara in social studies learning. The method used in this research is classroom action research. The results showed that the values of the awik-awik Sesaot Village were local wisdom derived from the bragging (proverb) and customs that apply to the people of Sesaot Village to protect and preserve the environment. The values of local wisdom referred to are as follows. First, aiq meneng, tunjung tilah, empaq bau (water remains clear, lotus remains intact, fish is obtained). Second, besesiru (coopeation). Third, bau besi, bau asaq (get iron, also get asaq). Fourth, ndaq tame gawah laun ketemuq sig jin (don't enter the forest carelessly disturbed by jinn). Fifth, daq bait doen dengan laun cekok (don't take other people's things later, bend their hands). Implementation of awik-awik values in social studies learning can build student character related to democratic values practiced by making simple rules at school, values of environmental care practiced by planting trees, as well as honesty values that are practiced by opening an honest canteen. Keywords: Local Wisdom, Awak-awik Sesaot Village, Social Studies Learning.  

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pada kearifan lokal awik-awik Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat dan konten / materi, pelaksanaan nilai-nilai yang terkandung dalam kearifan lokal Awik-awik Desa Sesaot. Metode penelitian yaitu penelitian kualitatif dengan class action research. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilaiawik-awik Desa Sesaot merupakan kearifan lokal yang berasal dari sesenggak/pribahasa dan kebiasaan yang hidup pada masyarakat Desa sesaot untuk menjaga dan melestarikan lingkungan dan hutan mereka. Adapun nilai-nilai dari awik-awik Desa Sesaot sebagai berikut: a) Aiq meneng, tunjung tilah, empaq bau, air/tetap jernih teratai/tetap utuh, ikanpun di dapat/tertangkap, b)Besesiru/besiru(tolong-menolong), c) Bau Besi, Bau Asaq. (Besi dapat, asahpun dapat), d)Ndaq tame gawah laun ketemuq siq jin(jangan masuk hutan sembarangan nanti diganggu oleh jin), e) Ndaq bait doen dengan laun cekok (jangan ambil barang orang lain nanti bengkok tangannya). Pada tingkat implementasi nilai-nilai awik-awik dalam pembelajaran IPS telah mampu membangun karakter siswa setelah proses pembelajaran dan praktik lapangan, yakninilai demokrasi dipraktikkan dengan membuat peraturan sederhana di sekolah, nilai peduli lingkungan dipraktikkan dengan menanam pohon dan nilai jujur dipraktikkan dengan kantin kejujuran.

 

Keywords: Kearifan Lokal, Awik-awik Desa Sesaot, Pembelajaran IPS


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/sd.v6i2.14414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.