INTEGRASI KESANTUNAN SOSIOLINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Tri Santoso Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Hari Kusmanto universitas negeri surabaya
  • Safa Bilqis Salsabila S Sekolah Tinggi Agama Islam Madinatul Ilmi Depok

DOI:

https://doi.org/10.15408/dialektika.v12i1.42745

Keywords:

, sociolinguistic politeness, context, learning, Indonesian language, primary school

Abstract

Kesantunan berbahasa di kalangan pelajar pada saat ini mengalami reduksi berbahasa secara santun. Fenomena reduksi santun berbahasa siswa di lingkungan pendidikan ini perlu mendapatkan perhatian dan sentuhan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi reduksi kesantunan berbahasa di lingkungan pendidikan dapat dilakukan dengan cara mengintegrasikan kesantunan berbahasa dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan kombinasi analisis konten dan literatur reviu. Data dan sumber data pada penelitian ini diambil dari dokumen kurikulum merdeka yang diterbitkan dalam bentuk regulasi peraturan Mendikbudristek. Selain itu, literatur buku dan jurnal terkait kesantunan sosiolinguistik juga menjadi sumber data dalam penelitian ini. Teknik validasi dalam penelitian menggunakan triangulasi sumber data dan teori. Data dalam penelitian ini dianalisis secara induktif berdasarkan teknik analisis Miller dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi kesantunan dalam pembelajaran bahasa dapat diterapkan secara sistematis melalui tiga tahapan kegiatan belajar mengajar: kegiatan awal, inti, dan penutup. Ketiga tahapan ini mendukung pembentukan kompetensi komunikatif dan kesadaran sosial siswa. Selain itu, pembelajaran kesantunan berbahasa juga dapat dinilai melalui instrumen seperti tes esai, observasi perilaku verbal, dan tes objektif berbasis konteks. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa kesantunan sosiolinguistik dapat diintegrasikan secara praktis dan efektif dalam pembelajaran untuk membentuk budaya komunikasi santun di lingkungan sekolah dasar.

References

Andianto, Mujiman Rus, Arju Muti’ah, Arief Rijadi, Rusdhianti Wuryaningrum, and Bambang Edi Purnomo. “Pembelajaran Kesantunan Berbahasa Di Era Menuju Indonesia Emas.” Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran 9, no. 1 (2020): 23–35. https://doi.org/10.35194/alinea.v9i1.795.

Austin, John Langshaw. How to Do Things with Words. Oxford University Press, 1975.

Brown, Penelope, and Levinson. Politeness: Some Universals in Language Usage. Cambridge: Cambridge University Press, 1987.

Budiyono. Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press, 2018.

Creswell, John W., and J. David Creswell. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angles: Sage Publications, 2023.

Delvia. “Kompetensi Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa.” Pentas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 3, no. 2 (2017): 36–46. https://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/836.

Graue, C. “Qualitative Data Analysis.” International Journal of Sales, Retailing & Marketing 4, no. 9 (2015): 5–14. www.scirp.org/reference/referencespapers.aspx.

Holmes, Janet. An Introduction to Sociolinguistics. New York & London: Routledge., 2013.

Hymes, Dell. Foundations in Sociolinguistics: An Ethnographic Approach. Routledge, 2010.

Iqbal, Muhammad. “Penggunaan Metode Mim- Mem Untuk Mengembangkan Keterampilan Berbicara.” Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 1, no. 2 (2018): 113–24. https://doi.org/10.35931/am.v1i2.48.

Khair, Ummul. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di SD Dan MI.” AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar 2, no. 1 (July 13, 2018): 81. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261.

Kusmanto, Hari. “Perwujudan Tindak Kesantunan Berkomentar Pada Wacana Media Sosial Instagram.” Sawerigading 25, no. 2 (2019): 119–28. https://doi.org/10.26499/sawer.v25i2.640.

Kusmanto, Hari, Nadia Puji Ayu, Harun Joko Prayitno, Laiili Etika Rahmawati, Dini Restiyanti Pratiwi, and Tri Santoso. “Realisasi Tindak Kesantunan Positif Dalam Wacana Akademik Di Media Sosial Berperspektif Humanitas.” Aksara 32, no. 2 (2020): 323–38. https://doi.org/10.29255/aksara.v32iil.454.323--338.Abstrak.

Kusmanto, Hari, Harun Joko Prayitno, and Abdul Ngalim. “Realisasi Tindak Kesantunan Berbahasa Pada Komentar Akun Instagram Jokowi: Studi Polittikopragmatik.” Jurnal Kandai 15, no. 1 (2019): 47–60. https://doi.org/10.26499/jk.v15i1.1269.

Lakoff, Robin T, and Sachiko Ide. Broadening the Horizon of Linguistic Politeness. Vol. 139. John Benjamins Publishing, 2005.

Li, Jia, Amareen Brar, and Novera Roihan. “The Use of Digital Technology to Enhance Language and Literacy Skills for Indigenous People: A Systematic Literature Review.” Computers and Education 2, no. 3 (2021): 34–45. https://doi.org/10.1016/j.caeo.2021.100035.

Maharini, Wahju. “Ketidaksantunan Berbahasa Dan Dampaknya Dalam Pembentukan Karakter.” Prosiding Seminar Nasional “Ketidaksantunan Berbahasa Dan Dampaknya Dalam Pembentukan Karakter,” 2015, 70–80.

Mahendra, Gusti Alit, and I Made Madia. “Pelanggaran Prinsip Kesantunan Dalam Video ‘GURU.’” Linguistika 27, no. 1 (2020): 62–68.

Mahsun. Metode Penelitian Bahasa Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi Metode Dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2017.

Mikheeva, Maria, Sascha Schneider, Maik Beege, and Günter Daniel Rey. “Boundary Conditions of the Politeness Effect in Online Mathematical Learning.” Computers in Human Behavior 92, no. 4 (2019): 419–27. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.11.028.

Miles, Matthew B, A Michael Huberman, and Johnny Saldaña. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Sage publications, 2018.

Ngalim, Abdul. “Kesantunan Berbahasa Dalam Perspektif Sosiolinguistik.” Publikasi Ilmiah UMS, 2013, 14–34. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/3425.

Ngalim, Abdul, Markhamah, and Harun Joko Prayitno. Sosiolinguistik: Suatu Kajian Fungsional. Edisi Revi. Sukoharjo: Jasmine, 2015.

Pramujiono, Agung, and Nunung Nurjati. “Guru Sebagai Model Kesantunan Berbahasa Dalam Interaksi Instruksional Di Sekolah Dasar.” Mimbar Pendidikan 2, no. 2 (November 2, 2017): 43–54. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v2i2.8624.

Prayitno, Harun Joko, Hari Kusmanto, Yakub Nasucha, Laili Etika Rahmawati, Norliza Jamaluddin, Samsuddin Samsuddin, and Awla Akbar Ilma. “The Politeness Comments on The Indonesian President Jokowi Instagram Official Account Viewed From Politico Pragmatics and The Character Education Orientation in The Disruption Era.” Indonesian Journal on Learning and Advanced Education (IJOLAE) 1, no. 2 (July 1, 2019): 52–71. https://doi.org/10.23917/ijolae.v1i2.8785.

Prayitno, Harun Joko, and Abdul Ngalim. “Pengembangan Materi Ajar Dan Model Pembelajaran Berorientasidan Berstrategi Tindak Kesantunan Direktif Dan Positif.” In Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI, 57–64, 2009. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/9056.

Rofifah, Dianah. “Alat Evaluasi Afektif Bermuatan Kesantunan Berbahasa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26, 2020. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/249/237.

———. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Melalui Percakapan Telepon Siswa Sekolah Dasar Kelas 3 Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside-Outside Circle.” Bahastra 35, no. 2 (2016): 12–26. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26555/bahastra.v35i2.4857.

Santosa, Riyadi. Metode Kualitatif Kebahasaan. Surakarta: UNS Press, 2017.

Setyawati, Rukni. “Kesantunan Berbahasa Dalam Pembelajaran Di Kelas.” Publikasi Ilmiah UMS, 2013, 169–85. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/3428.

Sutopo, H.B. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori Dan Terapannya Dalam Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press, 2006.

Toro, J., I. Requena, O. Duarte, and M.A. Zamorano. “Qualitative Method Proposal to Improve Environmental Impact Assessment.” Environmental Impact Assessment Review 43, no. 6 (2013): 9–20.

Utami, Sintowati Rini. “Pembelajaran Aspek Tata Bahasa Dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia.” AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 2, no. 1 (2017): 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/AKSIS.010203.

Wahyuni, Sari. Riset Kualitatif. Jakarta: Kompas, 2023.

Downloads

Published

2025-10-22

Issue

Section

Articles

How to Cite

INTEGRASI KESANTUNAN SOSIOLINGUISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. (2025). Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 12(1), 28-44. https://doi.org/10.15408/dialektika.v12i1.42745