MODEL EVALUASI KETIMPANGAN DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERITA FANTASI DI SMP PGRI 4 BAGOREJO

Authors

  • Alfi Khoiru An Nisa Universitas Negeri Semarang
  • Nurhamidah Nurhamidah Universitas Negeri Semarang
  • Wagiran Wagiran Universitas Negeri Semarang
  • Deby Luriawati Naryatmojo Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.15408/dialektika.v11i1.29672

Keywords:

model evaluasi ketimpangan, cerita fantasi, pembelajaran

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan (1) mendeskripsikan kualitas RPP Bahasa Indonesia Materi Teks Cerita Fantasi di SMP mengacu pada standar kurikulum 2013, (2) mendeskripsikan kesesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan RPP yyang telah dibuat, (3) mendeskripsikan penilaian dalam pembelajaran, dan (4) mendeskripsikan penerapan evaluasi ketimpangan dalam proses pembelajaran. Metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan strategi studi kasus digunakan dalam penelitian ini. Guru Bahasa Indonesia di SMP PGRI 4 Bagorejo menjadi sumber data penelitian. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, wawancaran dan dokumentasi. Data dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan simpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) RPP yang disusun oleh guru sesuai dengan standar kurikulum 2013, (2) pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan RPP yang dibuat namun terdapat beberapa yang belum terpenuhi, (3) penilaian yang dilakukan oleh guru meliputi tiga penilaian yaitu sikap, kognitif, dan psikomotorik, dan (4) evaluasi ketimpangan dilakukan pada tiga proses yaitu input, procces, dan output, dan ditemukan ketimpangan pada input dan procces yang berdampak juga pada ketimpangan output.

References

Absor, N. F., Kurniawati, & Umasih. (2019). Evaluasi Program Pembelajaran Sejarah Indonesia di SMKN 57 Jakarta. Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(2), 170–194. https://doi.org/10.21009/jps.082.05

Amroni, A. (2019). Evaluasi Strategi Pembelajaran Akidah Aakhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota palembang. UIN Raden fatah Palembang.

Andriyani, N., Dalman, & Idawati. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mmenulis Teks Berita Melalui Komik. Prosiding Samasta, 565–570.

Azizah, A., & Firdaus, N. (2022). Relevansi Materi Buku Teks Bahasa Indonesia Terhadap Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 240–249. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.607

Bangun, T. A. (2018). Analisis Kesesuaian Antara Komponen Rpp Bahasa Indonesia Kelas Vii Di Smp Negeri 14 Langsa Dan Kurikulum 2013. Edukasi Kultura : Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.24114/kultura.v1i1.11697

Fitriyah, I. R., Fauzan, F., Setiawan, A., Musaffak, M., & Sasmito, S. (2022). Pembelajaran Menyusun Teks Ulasan Siswa Kelas VIII Berdasarkan K-13 (Studi Kasus: MTs. Muhammadiyah 1 Malang). Kode : Jurnal Bahasa, 11(1), 184–200. https://doi.org/10.24114/kjb.v11i1.33506

Harlita, D., Hadiyanti, A. H. D., & Saptoro, A. (2021). Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Ketelitian dan Keterampilan Membaca Siswa. Elementari, 1(3), 77–83.

Indonesia, P. R. (2021). Standar Nasional Pendidikan. 102501.

Lestari, A. nunu A., Rusdiawan, & Sudirman. (2019). Kemampuan Guru Melaksanakan Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kurikulum 2013 di SMPN 1 Pujut, Nusa Tenggara Barat. Lingua, 16(2), 207–218.

Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya evaluasi dalam pembelajaran dan akibat memanipulasinya. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 244–257. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Mariani, E., & Sulasmono, B. S. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Inklusi di SMP Negeri. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 205–216. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p205-216

Nisa, A. K. A. (2021). Tindak Tutur Ilokusi pada Pertunjukkan Drama Virtual Berjudul Monumen Karya Indra Tranggono. Basastra, 9(2), 223–240.

Novalinda, R., Ambiyar, & RIzal, F. (2020). Pendekatan Evaluasi Program Tyler: Goal-Oriented. Edukasi, 18(1), 137–146. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1644

Saputra, A. (2008). Menuju Sistem Pendidikan Global. Unisia, 31(67), 37–51. https://doi.org/10.20885/unisia.vol31.iss67.art4

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173

Soulisa, I., & Manuputty, P. (2021). Pengembangan Alat Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kompetensi Menggunakan Pendekatan Kontekstual Di Sma Papua Kota Sorong. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 4(2), 579–593. https://doi.org/10.24176/kredo.v4i2.4996

Widyaningrum, H. K. (2018). Pembelajaran Menulis Teks Cerita Dongeng Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa Kelas Iv. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(2), 89. https://doi.org/10.30734/jpe.v5i2.129

Downloads

Published

2025-10-13

Issue

Section

Articles

How to Cite

MODEL EVALUASI KETIMPANGAN DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERITA FANTASI DI SMP PGRI 4 BAGOREJO. (2025). Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(1), 35-52. https://doi.org/10.15408/dialektika.v11i1.29672