ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBASIS AKM

Authors

  • Nora Pika Anggraini Universitas Bengkulu
  • Teddy Alfra Siagian Universitas Bengkulu
  • Ringki Agustinsa Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.15408/ajme.v4i1.25325

Keywords:

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kemampuan berpikir kritis matematis dalam menyelesaikan soal berbasis AKM kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Kemampuan berpikir kritis terdiri dari 4 indikator yaitu: (1) interpretasi,     (2) analisis, (3) evaluasi, dan (4) inferensi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.  Teknik Pemilihan subjek berdasrkan teknik purposive sampling., dengan subjek  yaitu 30 orang siswa kelas VIII SMPN 1 Kota Bengkulu pada semester genap tahun ajaran 2021/2022.  Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan instrumen wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis dalam menyelesaikan soal berbasis AKM kelas VIII di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu adalah 31,42% (rendah).  Sebaran tingkat kemampuan berpikir kritis pada setiap kategorinya yaitu: 1)   kategori tinggi 1 siswa (3,33% ), 2) kategori sedang ada 2 siswa (6,67%), 3) kategori rendah ada 21 siswa (70%) 4) kategori sangat rendah ada 6 siswa (20%). Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

  • Nora Pika Anggraini, Universitas Bengkulu
    Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Downloads

Published

2022-07-18

How to Cite

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBASIS AKM. (2022). ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 4(1), 58-78. https://doi.org/10.15408/ajme.v4i1.25325