KONSEP DAN AKTIVITAS MATEMATIKA DALAM PERMAINAN PATHENG DUDU

Authors

  • Rachmaniah Mirza Hariastuti Universitas PGRI Banyuwangi
  • Mega Teguh Budiarto Universitas Negeri Surabaya
  • Manuharawati Manuharawati Universitas Negeri Surabaya
  • Novita Purnamasari Supahmi Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.15408/ajme.v4i1.25058

Keywords:

Patheng Dudu Game, Ethnomathematics, Mathematical Activity, Mathematical Learning

Abstract

Patheng dudu adalah salah satu permainan tradisional dari Banyuwangi yang memuat konsep dan aktivitas matematika. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi permainan patheng dudu dan mengidentifikasi konsep-konsep serta aktivitas matematika yang termuat dalam permainan tersebut. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan observasi partisipatif. Informan penelitian adalah tiga orang yang memahami aturan dan dapat memainkan patheng dudu. Analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya konsep polihedron, poligon, membilang, perbandingan, pengukuran dengan satuan baku dan tidak baku, sudut dan jenisnya, hubungan antar garis, statistika, himpunan, jarak, waktu, serta fungsi dalam permainan patheng dudu. Sedangkan aktivitas matematika yang terdapat dalam permainan patheng dudu adalah perhitungan (counting), penempatan (locating), pengukuran (measuring), perancangan (designing), permainan (playing), dan penjelasan (explaining).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

  • Rachmaniah Mirza Hariastuti, Universitas PGRI Banyuwangi
    Pendidikan Matematika
  • Mega Teguh Budiarto, Universitas Negeri Surabaya
    Pendidikan Matematika
  • Manuharawati Manuharawati, Universitas Negeri Surabaya
    Matematika
  • Novita Purnamasari Supahmi, Universitas Jember
    Pendidikan Matematika

Downloads

Published

2022-07-18

How to Cite

KONSEP DAN AKTIVITAS MATEMATIKA DALAM PERMAINAN PATHENG DUDU. (2022). ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 4(1), 46-57. https://doi.org/10.15408/ajme.v4i1.25058