NEGOSIASI RUANG PUBLIK: MODERNISASI DAN PENGUATAN CIVIL SOCIETY MODEL PESANTREN

Saifudin Asrori

Abstract


Negosiasi Ruang Publik; Modernisasi dan Penguatan Civil Society Model Pesantren. Meski kontribusi pesantren dalam pembangunan sosial ekonomi telah banyak diakui berbagai kalangan, lembaga pendidikan Islam ini seringkali diasosiasikan sebagai lembaga yang mempromosikan pendidikan yang intoleran dan militan yang kemudian menjadi akar gerakan radikal dan terorisme di Indonesia. Artikel ini mencoba menjawab kemampuan pesantren dalam mempersiapkan santrinya agar mampu berpartisipasi di era masyarakat modern dan mendukung penguatan masyarakat sipil. Peran pesantren di era modernisasi dievaluasi melalui program-program pendidikan yang berhubungan dengan pendidikan anti-kekerasan, toleransi antar keyakinan dan etnis, pluralisme, Hak Asasi Manusia (HAM), kesetaraan gender, demokrasi, serta keadilan politik dan sosial. Berdasarkan studi etnografi di Pondok Modern Gontor, artikel ini mengambarkan bahwa pesantren telah mengambil peran politik progresif dan berperan aktif dalam penguatan munculnya masyarakat sipil di Indonesia

References


Abdullah, Taufik, Islam dan Masyarakat: Pantulan Sejarah Indonesia, Jakarta: LP3ES, 1987

Anwar, M. Syafi’i, Pemikiran dan Aksi Islam Indonesia: Sebuah Kajian Politik

Tentang Cendekiawan Muslim Orde Baru. Jakarta: Paramadina, 1995.

Casanova, J., Public religions in the modern world, University of Chicago Press,2011

Lukens-Bull, Ronald, Negotiating Identity and Modernity in Muslim Java, Palgrave Macmillan, 2005.

Pondok Modern Darussalam Gontor, Sejarah Balai Pendidikan Pondok modern Gontor, Penggal I, h. 1.

_____, K.H. Imam Zarakasyi Di Mata Umat, Ponorogo: Trimurti Press, 1996

Steenbrink , Karel A., Pesantren, Madrasah, dan Sekolah: Pendidikan Islam dalam Kurun Modern, Jakarta: LP3ES, 1986.

Syukri Zarkasyi, Abdullah, “Mewujudkan Sekolah Islam Internasional: Sumbangan Pemikiran dari Pengalaman Pondok Modern Darussalam Gontor”. Jakarta, April 2002.

_____, “Sistem Pendidikan Pondok Pesantren: Pengalaman Pondok Modern

Darussalam Gontor.” Makalah disampaikan dalam Seminar tentang “Refleksi dan Rekonstruksi Pendidikan Islam,” diselenggarakan oleh Yayasan al-Kautsar, 31 Oktober 2002, di Jakarta Design Center.

_____, Gontor & Pembaruan Pendidikan Pesantren. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2005.

Tim Penyusun, K.H. Imam Zarkasyi Dari Gontor Merintis Pondok Modern, Ponorogo: Trimurti Press, 1996.

Website

http://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2012/10/121011_keluarga_bombali.sml

http://www.cnnindonesia.com/nasional/20160203201841-20108711/bnpt-19pesantren-terindikasi-ajarkan-radikalisme

https://gontor.ac.id/


Full Text: PDF

Indexed by:

/public/site/images/kordinat/googlescholar_01/public/site/images/kordinat/academia_750/public/site/images/kordinat/one_search_1014

 

 

Secretariat:
Building Kopertais Region I DKI Jakarta.
State Islamic University Syarif Hidayatullah Jakarta. Building Kopertais I 5th Floor, Jl, Ir. H. Juanda No.95 Ciputat, Jakarta, Indonesia 15412

Phone: +62 21 7405772
Fax: +62 21 7405772

Email:  kordinat@uinjkt.ac.id
Website Kopertais: http://kopertais.uinjkt.ac.id

 

© Copyright 2017. Kopertais Wilayah I DKI Jakarta