GLOBALISASI DAN TANTANGAN DAKWAH

Abdul Hamid

Abstract


Globalisasi dan Tantangan Dakwah. Kajian komprehensif tentang makna globalisasi, sejarah globalisasi, bentuk-bentuk globalisasi, serta sampai di mana besarnya pengaruh globalisasi terhadap dunia Islam. Munculnya era globalisasi ini merupakan tantangan dalam dunia dakwah, mau atau tidak semua manusia akan mengalaminya. untuk mengarungi postmodernism ini, dibutuhkan langkah-langkah yang konkrit dan sistematik untuk dijadikan sebagai acuan hidup yang diharapkan mampu mengembalikan manusia kepada maksud dan tujuan ia diciptakan, dengan memanfaatkan kemajuan dunia globalisasi. Tentunya pasti akan ada rintangan-rintangan serta hambatan yang harus dihadapi, karena tidak semua kemajuan yang ada di era globalisasi ini diterima oleh ajaran Islam. Oleh sebab itu, selain memanfaatkan perkembangan teknologi itu sendiri dakwah juga diharapkan sebagai penyeimbang terhadap akibat dari perkembangan teknologi itu sendiri.

References


Al-Qaradhawi, Yusuf, Islam dan Globalisasi Dunia, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar: 2001, cet ke-1.

Agustian, Ari Ginanjar. ESQ; Emotional Spiritual Quetiont, Jakarta: Arga, 2002.

Ar-Rasyid, Ahmad Muhammad, Khittah Dakwah, Jakarta: Robbani Press, 2005.

Atiyah, Amaluddin, al-Waqi’ wa al-mitsâl fi al-fikri al-islami al-mu’asir, Beirut: Darr al-huda, 2002.

Azizy, A. Qodri, Melawan Globalisasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Bachtiar, Wardi, Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997.

Bungin, M. Burhan, Konstruksi Sosial Media Massa, Jakata: Kencana, 2004.

Effendy, Onong Uchjana, Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 2000.

Enjang As, Dasar-dasar Ilmu Dakwah, Pendekatan Filosofis danPraktis, 39 Alvin Toffler, The Third Wave, (Jakarta: Panca Simpati, 1973) 30 Abdul Hamid

Bandung: Widya Padjadjaran, 2009.

Halim, Abdul El-Muhammady, Dinamika Dakwah Suatu Perspektif dari Zaman Awal Islam hingga Kini, Kuala Lumpur: Budaya Ilmu, 1992.

Muis, A. Komunikasi Islami, Bandung: Remaja Karya, 2001. Mulyana, Dedy, Komunikasi Antar Budaya, Bandung: Roda Jaya, 2005.

Neuman, Russel, W, (et.al), Common Knowledge, News an the Communication of Political Chicago: Meaning, The University of Chicago Press, 1992.

Paper pengantar untuk seminar, Lumpuhnya Sistem Keadilan: Tantangan Penegakkan Hak-hak Azazi Manusia dan Peran Advokat Untuk Kepentingan Publik, yang di selenggarakan oeh Elsam Sawith Wach, HUMA, 3-5 Aug 2010, Jakarta.

Rakmat, Jalaluddin, Psikologi Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1988.

Sardar, Ziauddin, Information and Muslim World: A Strategy for 21’st Century, 1988/Tantangan Dunia Islam Abad 21, Bandung: Mizan. 1988.

Wahid, Fathul, e-Dakwah: Dakwah Melalui Internet, Yogyakarta: Gava Media,, 2004.

Wiliam. L. Rivers, dan W. Jensen, Jay, Media Massa dan Masyarakat Modern, Terj, Jakarta: Prenada Grup, 2008.

Toffler, Alvin, The Third Wave, Jakarta: Panca Simpati, 1973. Yatim, Badri, Sejarah Peradaban Islam, Jakarta: Raja grafindo Persada, 2008


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/kordinat.v16i1.6451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.