Peningkatan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Manajemen Berbasis Sekolah

Isep Juanda

Abstract


Penelitian ini memfokuskan pada (1) Mutu pendidikan di SMA Al Muslim Bekasi, yang meliputi ketersediaan input, serta ketercapaian sasaran dan dampak program terhadap sekolah. (2) Implementasi manajemen berbasis sekolah di SMA Al Muslim Bekasi, yang meliputi otonomi sekolah, proses belajar mengajar, dan partisipasi orangtua siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam analisis datanya, peneliti menggunakan model strategi analisis deskriptif analitik, sehingga dalam menarik kesimpulan peneliti mendekripsikan data yang diperoleh dari pengamatan secara langsung, wawancara dan studi dokumentasi, gambar dan perilaku siswa yang ditunjang dengan wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : Pertama, dengan didukung ketersediaan input yang memadai, SMA Al Muslim telah berhasil meraih prestasi akademik dan non akademik dengan kategori baik, serta telah berdampak pada semakin meningkatnya animo masyarakat menyekolahkan anaknya ke SMA Al Muslim. Kedua, Implementasi kebijakan MBS di SMA Al Muslim harus terus ditingkatkan melalui; (a) pengembangan otonomi/kemandirian sekolah dalam mengadakan dan menggunakan sumberdaya sekolah, pengelolaan kelembagaan secara transparan dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mengembangkan proses pengambilan keputusan partisipatif. (b) Melalui pengembangan proses belajar mengajar yang berpusat pada siswa dengan pendekatan pembelajaran yang Aktif, Kreatif sehingga menjadi Efektif, namun tetap Menyenangkan (PAKEM), dan (c) melalui partisipasi masyarakat/orangtua siswa dengan meningkatkan peran Forum Orangtua Murid dalam meningkatkan mutu pendidikan SMA Al Muslim.

References


Bungin, Burhan, 2003, Analisis Data Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

David Peterson, School Based Management and Student Performance, http://www.ed.gov/databases/ERIC_Digests/ed336845.html

Dirjen Dikdasmen, 2001, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Jakarta: Depdiknas

Engkoswara, 2001, Paradigma Manajemen Pendidikan Menyongsong

Hardiyanto, 2004, Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Kathleen Kubick, School-Based Management and Student Performance, http://www.ed.gov/databases/ERIC_Digests/ed301969.html

Komisi Nasional Pendidikan, Menuju Pendidikan Dasar Bermutu dan Merata, Jakarta: Depdiknas, 2001

Moleong, Lexy J, 1993, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E, 2002, Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rasindo

---------------, 2005, Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya

Portal Dunia Guru, 2007, ”Manajemen Pendidikan Masa Depan”, http://www.duniaguru.com

Rahma Sugihartati dan Endang Vitriyah Manan, ”Implementasi dan Kendala Pelaksanaan MBS di Jenjang Sekolah Dasar”, Jurnal Penelitian Dinamika Sosial, Vol 5 No.3 Desember 2004, 2004.

Suparlan, ”Beberapa Temuan Hasil Penelitian Tentang MBS”, Artikel, 2007

Umaedi, 1999, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah : Sebuah Pendekatan Baru Dalam Pengelolaan Sekolah Untuk Peningkatan Mutu. Jakarta: Depdiknas


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/kordinat.v18i1.11470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.