Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for ALGORITMA Journal of Mathematics Education?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PANDUAN UNTUK PENULIS

 

ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME) merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian dan artikel-artikel hasil pemikiran (kajian kepustakaan) dalam bidang pendidikan matematika. Penulisan artikel harus mengacu pada ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan redaksi jurnal AJME. Artikel yang masuk ke redaksi akan direview oleh seorang editor, dan sedikitnya seorangAdvisory International Editorial Board secara anonim. Artikel yang diterima (terpilih) akan diterbitkan dan menjadi hak milik AJME. AJME dapat menggunakan artikel tersebut untuk berbagai kepentingan ilmiah. 

 

1.     Pengiriman Naskah

Naskah dikirim ke Redaksi Jurnal AJME secara online pada alamat portal: http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/algoritma

Jika terdapat masalah ketika pengiriman online, penulis dapat mengontak Redaksi Jurnal AJME pada alamat email: ajme.journal@uinjkt.ac.id

Artikel yang dikirim merupakan artikel yang belum pernah diterbitkan. Penulis harus membuat pernyataan bahwa artikel yang dikirim belum pernah diterbitkan dan tidak sedang dalam proses penertbitan [download here]. Pernyataan ini disertakan bersama artikel yang dikirimkan. 

2.    Format Naskah

Naskah dipersiapkan sesuai dengan template panduan penulisan berikut: [download here]. 

Penulisan naskah menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris secara benar. Panjang naskah antara 10 – 25 halaman termasuk gambar dan tabel, ditulis dalam kertas ukuran A4, diketik 1,15 spasi, jenis fontGaramondfont size 12, margin kiri 3 cm, margin kanan, atas, dan bawah masing-masing 2 cm.

Artikel ditulis dengan sistematika dan ketentuan sebagai berikut.

  • Judul: ditulis dengan singkat padat, maksimal 14 kata font size 16.
  • Nama Penulis: ditulis tanpa gelar, letaknya di bawah judul; artikel yang berasal dari penelitian kelompok, semua anggota harus dicantumkan dengan urutan pertama adalah penulis utama, dan kemudian penulis berikutnya.
  • Alamat Penulis: ditulis nama institusi dari penulis, ditulis di bawah nama.
  • Alamat Korespondensi: ditulis nama instansi tempat penulis berasal dan alamat e-mail yang letaknya di bawah nama penulis; jika penulis lebih dari seorang, alamat e-mail cukup ketuanya.
  • Abstrak: Panjang abstrak maksimal 250 kata, dalam satu paragraf, dan tidak melebihi 1 halaman. Penulisan menggunakan jenis huruf Palatino Linotype ukuran 11 poin, tidak miring dan tidak tebal, rata kanan-kiri dengan menjorok 1 cm dari kanan dan kiri. Pada abstrak tidak menggunakan atau tidak memuat karaktek khusus, simbol atau rumus matematika. Abstrak harus jelas, deskriptif dan memberikan gambaran utuh namun singkat tentang masalah yang diteliti. Abstrak juga memuat pernyataan tentang metodologi dan ringkasan singkat hasil penelitian, atau urgensi kajian dan hasil kajian literatur, diakhiri dengan simpulan singkat. Abstrak wajib ditulis dalam Bahasa Indonesia (dan dilengkapi dengan versi Bahasa Inggrisnya setelahnya). 
  • Kata Kunci: diisi kata atau istilah yang mencerminkan esensi konsep dalam cakupan permasalahan yang terdiri atas beberapa kata/istilah dan disebut dalam judul/abstrak. Jumlah kata kunci 3-5 kata/kumpulan kata. Kata kunci ditulis di bawah abstrak dengan jarak satu baris dan dicetak miring-tebal.
  • Batang Tubuh Artikel: (i) Artikel kajian ilmiah terdiri atas pendahuluan yang berisi permasalahan dan kerangka pikir atau kerangka analisis yang didasari oleh kajian teori, sub-sub judul yang berisi metode penelitian, pembahasan, dan kesimpulan. (ii) Artikel hasil penelitian terdiri atas pendahuluan yang memuat latar belakang masalah (maksimal 20%), metode (15%), hasil dan pembahasan (60%), serta kesimpulan (5%). Pembahasan harus merujuk referensi primer dan mutakhir.
  • Ucapan Terima Kasih: ditujukan kepada berbagai pihak yang membantu penulisan, misalnya sponsor penelitian dan narasumber
  • Daftar Pustaka: diusahakan paling banyak dari sumber primer (jurnal) dan hanya mencantumkan sumber yang ditunjuk di dalam batang tubuh artikel. Sebaliknya, nama yang dirujuk dalam batang tubuh harus ada dalam daftar pustaka.

3.    Peninjauan Naskah

Setiap makalah yang disampaikan secara independen ditinjau oleh setidaknya dua peer-reviewer. Keputusan untuk publikasi, perubahan, atau penolakan didasarkan pada laporan/rekomendasi reviewer. Jika dua atau lebih reviewermenganggap naskah tidak sesuai untuk publikasi dalam jurnal ini, pernyataan yang menjelaskan dasar keputusan akan dikirim ke penulis dalam waktu tiga bulan sejak tanggal pengajuan. 

4.    Revisi Naskah

Naskah yang dikirim kembali ke penulis untuk revisi harus dikembalikan ke editor tanpa penundaan. Naskah yang direvisi dapat dikirim ke kantor redaksi melalui Antarmuka Pengiriman Online (http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/algoritma). Naskah yang direvisi yang dikembalikan lebih dari tiga bulan akan dianggap sebagai pengajuan baru.

5.    Redaksi Jurnal AJME

Abdul Muin (Editor-in-Chief)

Kantor Redaksi Jurnal AJME

Jurusan Pendidikan Matematika Gd. FITK Lt. 6

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jl. Ir. H. Juanda No 95 Ciputat, 15412

email: ajme.journal@uinjkt.ac.id

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.