Analisis Pengaruh Bentuk Filler Pada Komposit Batang Bambu Terhadap Nilai Kekerasan (Hardness Shore D)

Ahmad Firdaus, Arif Tjahjono, Sitti Ahmiatri Saptari

Abstract


Tanaman bambu yang berlimpah di Indonesia belum banyak di manfaatkan sebagai bahan penelitian. Bambu dapat dimanfaatkan pada komposit berpenguat bambu sebagai filler. Pada penelitian ini telah dilakukan pembuatan papan komposit dengan paduan matriks campuran resin dan hardener dengan filler batang bambu. Dalam proses sintesis, digunakan perbandingan resin epoxy dan hardener yaitu 80% berbanding 20%, serta filler berbahan batang bambu dengan variasi bentuk filler : filler serbuk dan filler memanjang. Pengujian kekerasan komposit dilakukan dengan menggunakan alat durometer dengan metode Hardness Shore D. Nilai kekerasan maksimum rata-rata pada komposit filler serbuk adalah 72.00 ± 2.65 Shore D  dan nilai kekerasan maksimum rata-rata pada komposit filler memanjang adalah 77.60 ±  3.78  Shore D. Hasil tersebut menunjukan bahwa komposit filler memanjang lebih keras dari komposit filler serbuk

Keywords


komposit filler serbuk; komposit filler memanjang; hardness Shore D

Full Text:

PDF

References


Batubara, Ridwanti. 2002. Pemanfaatan Bambu Di Indonesia. Fakultas Pertanian. Universitas Sumatera Utara.

Oroh, Jonathan dkk. 2013. Analisis Sifat Mekanik Material Komposit Dari Serat Sabut Kelapa. Teknik Mesin, Universitas Sam Ratulangi Manado. Manado.

Irawan, Agustinus Purna dan I Wayan Sukania. 2013. Kekuatan Tekan dan Flexural Material Komposit Serat Bambu Epoksi. Jurusan Teknik Mesin. Fakultas Teknik. Universitas Tarumanegara. Jakarta.

Fahmi, Hendriawan dan Nur Arifin. 2014. Pengaruh Variasi Komposisi Komposit Resin Epoxy/Serat Glass Dan Serat Daun Nanas Terhadap Ketangguhan. Jurusan Teknik Mesin. Fakultas Teknologi Industri. ITP. Padang.

Ghufran, Azam Ibrahim. 2015. Studi Tingkat Kekekrasan Bahan Komposit Serbuk Kayu Dengan Matriks Epoxy. Fakultas Sains dan Teknologi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Tangerang Selatan.




DOI: https://doi.org/10.15408/fiziya.v1i2.9506

DOI (PDF): https://doi.org/10.15408/fiziya.v1i2.9506.g5682 Abstract - 0 PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats

Flag Counter

License

© Copyright CC BY-SA