IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH BERWAWASAN LINGKUNGAN SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN LITERASI EKOLOGIS PESERTA DIDIK

Mirza Desfandi, Enok Maryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh kebijakan sekolah berwawasan lingkungan terhadap literasi ekologis peserta didik. Untuk maksud tersebut, penulis menggunakan metode survey yang dilaksanakan pada sepuluh sekolah yang telah mengikuti Program Adiwiyata di Kota Banda Aceh melalui analisis Korelasi Kendall’s Tau. Hasil uji korelasi antara variabel kebijakan sekolah berwawasan lingkungan dengan variabel literasi ekologis, diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,660 (R2 = 0,435) pada taraf signifikan (probabilitas) 0,010. Didasarkan kriteria yang digunakan, maka signifikansi hitung sebesar 0,010 < 0,05; maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kebijakan sekolah berwawasan lingkungan terhadap literasi ekologis peserta didik. Besarnya pengaruh kebijakan sekolah berwawasan lingkungan terhadap literasi ekologis peserta didik adalah (0,660)2 = 43,5 %. Artinya sebesar 43,5 % literasi ekologis peserta didik dipengaruhi oleh kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, sisanya 56,5 % dipengaruhi oleh faktor lain. Karena itu berdasarkan hasil analisis dan pengujian ini, maka hipotesis yang diajukan dapat diterima. Berdasarkan temuan penelitian ini maka kebijakan sekolah berupa visi, misi dan tujuan sekolah sangat penting untuk disosialisasikan secara masif agar visi, misi dan tujuan sekolah dapat diketahui dan dipahami oleh seluruh warga sekolah.

Keywords


Sekolah Adiwiyata, kebijakan sekolah, literasi ekologis

References


A. Altin, S. Tecer, L. Tecer, S. Altin, & B.F. Kahraman. Environmental Awareness Level of Secondary School Students: A Case Study in Balıkesir (Türkiye). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141 (2014), 1208 – 1214.

C.R. Ackley. Leadership in Green Schools: School Principals as Agents of Social Responsibility. Disertasi. Pennsylvania: The Pennsylvania State University, 2009.

Ellen Landriany. Implementasi Kebijakan Adiwiyata Dalam Upaya Mewujudkan Pendidikan Ling-kungan Hidup di SMA Kota Malang. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, Volume 2, Nomor 1, Januari 2014; 82-88.

Emily Fägerstam. (2012). Children and Young People's Experience of the Natural World: Teachers' Perceptions and Observations. Australian Journal of Environmental Education, Volume 28, Issue 01, July 2012, hlm 1–16.

F. Baltaci, S. Yirik, S.A. Sargi, & A. Yumusak. From the Ecocentric and Anthropocentric Perspectives, a Survey of Future Tourism Entrepreneurs' Attitudes toward Environ-mental Issues: Sample of Akdeniz University. International Journal of Humanities and Social Science, Vol. 5, No. 1; January 2015, 139-143.

Fritjof Capra. The New Facts of Life. [Online]. Tersedia di: http://www.ecoliteracy.org/

Publications/fritjof_capra_facts.html. Diakses 18 November 2017.

J.C. Barnes, J.C. Awareness to Action: The Journey toward a Deeper Ecological Literacy. Journal of Sustainability Education, Vol. 5, May 2013.

Mirza Desfandi, Enok Maryani, & Disman. The Role of School Principal Leadership in Implementation of Eco School Program as the Effort to Support Sustainable Development. Advances in Economics, Business and Management Research, Volume 14, 2016.

Mirza Desfandi, Enok Maryani, & Disman. Enhancing the Role of Early Childhood Education Institution in an Effort to Grow Ecoliteracy. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), Volume 58, 2017.

Mirza Desfandi, Enok Maryani, & Disman. Building Ecoliteracy Through Adiwiyata Program (Study at Adiwiyata School in Banda Aceh). Indonesian Journal of Geography, Vol. 49, No.1, June 2017 (51 - 56).

Peter Martin. Teacher Qualification Guidelines, Ecological Literacy and Outdoor Education. Australian Journal of Outdoor Education, 12(2), 32-38, 2008.

Rahmat Mulyana. Penanaman Etika Lingkungan Melalui Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jurnal Tabularasa PPs Unimed Vol. 6 No. 2 Desember 2009.

S. Pilgrim, D. Smith, & J. Pretty. A Cross-Regional Assessment Of The Factors Affecting Ecoliteracy: Implications for Policy and Practice. Ecological Applications, 17(6), 2007, hlm. 1742-1751.

Sonny Keraf. Etika Lingkungan Hidup. (Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2010)

Sonny Keraf. Filsafat Lingkungan Hidup, Alam Sebagai Sebuah Sistem Kehidupan. (Yogyakarta: Kanisius, 2014).

T.M. Sudarwati. Implementasi Kebijakan Pendidikan Lingkungan Hidup Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Semarang Menuju Sekolah Adiwiyata. (Thesis. Semarang: Universitas Diponegoro, 2012).

Wahyuningtyas, D., Harsastro, P & Supratiwi. (2013). Evaluasi Program Adiwiyata di SMAN 11 Semarang. Jurnal Ilmu Pemerintahan, 2013.

Y. Krisnawati, Susilowati, M.H.I. Al Muhdhar, F. Rochman, F & B. Endang, B. The Implementation of Students’ Campaign Program to Form Adiwiyata School in Malang, Indonesia. International Journal of Research Studies in Education, Volume 4 No 4, October 2015, 53-65.

Y.D. Rahmah, S.S. Indradi, & Riyanto.. Implementasi Program Sekolah Adiwiyata (Studi pada SDN Manukan Kulon III/540 Kota Surabaya). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 2, No. 4, 2013, Hal. 753-757

Yusnidar, Dewi Liesnoor, & Eva Banowati. Peran Serta Warga Sekolah Dalam Mewujudkan Program Adiwiyata di SMP Wilayah Semarang Barat. Journal of Education Social Studies, 4 (1). 2015.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License
© Copyright CC BY-SA.

Sosio-Didaktika: Social Science Education Journal, P-ISSN: 2356-1386, E-ISSN: 2442-9430

Indexed By:

MoraRef CrossRef