PENGARUH BEKERJA DI LUAR NEGERI TERHADAP TINGKAT EKONOMI DAN PERCERAIAN

Eli Karlina, Muhamad Arif, Sodikin -

Abstract


Abstract

The success of overseas workers makes the Cikedung people who mostly work as agricultural laborers and have no fixed income to work overseas. The purpose of this study is to obtain a picture of the economic level of the family after working abroad and the effect of working abroad on the divorce rate in the community in Cikedung Village, Cikedung District, Indramayu District. The research conducted using qualitative approach with case study method, with data collection in the form of observation, interview, and documentation. The results revealed that before working abroad the family economic life is low but after working abroad their economic life has increased significantly. With regard to divorce, there is no significant influence because it is only experienced by a small number of families working abroad.

 

Abstrak

Kesuksesan hasil kerja para TKI membuat masyarakat Cikedung yang sebagian besar bekerja sebagai buruh tani dan tidak mempunyai penghasilan tetap memilih untuk bekerja di luar negeri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tingkat ekonomi keluarga setelah bekerja ke luar negeri serta pengaruh bekerja di luar negeri terhadap tingkat perceraian pada masyarakat di Desa Cikedung, Kecamatan Cikedung, Kabupaten Indramayu. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa sebelum bekerja ke luar negeri kehidupan ekonomi keluarga tergolong rendah tetapi sesudah bekerja di luar negeri menjadi kehidupan ekonomi mereka mengalami peningkatan yang signifikan. Terkait dengan perceraian, tidak terdapat pengaruh yang signifikan karena hanya dialami oleh sebagian kecil keluarga yang bekerja di luar negeri.

Pengutipan: Karlina, Eli, dkk. (2017). Pengaruh Bekerja di Luar Negeri terhadap Tingkat Ekonomi dan Perceraian. SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 4(1), 2017, 54-60. doi:10.15408/sd.v4i1.4342.
Permalink/DOI:
http://dx.doi.org/10.15408/sd.v4i1.4342


Keywords


work abroad; economic level; divorce rate; bekerja di luar negeri; tingkat ekonomi; tingkat perceraian

Full Text: PDF

DOI: 10.15408/sd.v4i1.4342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.