Kesiapan Guru dalam Mengintegrasikan Materi International Financial Reporting Standards (IFRS) dalam Mata Pelajaran Akuntansi Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)

Anissa Windarti

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis hubungan kesiapan guru dan dukungan institusi dengan cakupan materi IFRS pada mata pelajaran akuntansi tingkat SMA. Sampel penelitian adalah guru mata pelajaran Akuntansi tingkat SMA Negeri di Kabupaten Serang yang terdiri atas 19 responden. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner tertutup serta observasi. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi jenjang Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan guru tidak berhubungan dengan cakupan materi IFRS. Hal ini disebabkan karena kesiapan psikologis tidak dibarengi dengan pemahaman materi IFRS. Sedangkan hipotesis yang kedua  juga menunjukkan  tidak  adanya  hubungan  secara  signifikan  antara  dukungan institusi  dengan cakuan materi IFRS. Konsisten dengan hasil penelitian sebelumnya, masih kurangnya dukungan institusi dalam memberikan kesempatan kepada guru untuk mengikuti seminar/workshop/pelatihan materi IFRS.

Abstract:

This study aimed to analyze the relationship between the readiness of teachers and support institutions with the material scope of IFRS on accounting subjects high school level. Samples were teachers Subjects Accounting rate of high schools in Serang district consisting of 19 respondents. Data collection was performed by the enclosed questionnaire and observation. Data were analyzed using Spearman correlation technique level. The results showed that the readiness of teachers is not related to the material scope of IFRS. While an estimated 73.7% of the respondents expressed their readiness, but it is not coupled with an understanding of matter IFRS. Moreover, the results also showed no significant relationship between institutional support with the material scope of IFRS. Consistent with results of previous studies that showed the lack of institutional support in providing the opportunity for teachers to attend seminars / workshops / workshops / training on IFRS materials.

Pengutipan: Windarti, A. (2016). Kesiapan Guru dalam Mengintegrasikan Materi International Financial Reporting Standards (IFRS) dalam Mata Pelajaran Akuntansi Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). SOSIO DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 3(1), 2016, 1-8. doi:10.15408/sd.v3i1.4012.

Permalink/DOI: http://dx.doi.org/10.15408/sd.v3i1.4012


Keywords


readiness of teachers; IFRS materials; accounting. kesiapan guru; integrasi IFRS; akuntansi.

References


Abdillah, Willy dan Hartono, Jogiyanto. (2015). Partial Least Square (PLS) Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Depdiknas. (1996). Pembelajaran Terpadu D-II PGSD dan S-2 Pendidikan Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Ghozali, Imam. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harrison Jr, Walter T., et all (2012). Akuntansi Keuangan International Financial Reporting Standard-IFRS Edisi 8 Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lukiastuti, Fitri dan Hamdani, Muliawan. (2012). Statistika Non Parametris Aplikasinya dalam Bidang Ekonomi dan Bisnis Cetakan 1. Yogyakarta: CAPS.

Martani, Dwi, dkk., (2014). Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Nelvirita., Agustin, Henry dan Taqwa, Salma., (2015). Kesiapan Dosen Akuntansi dalam Mengintegrasikan Materi IFRS dalam Mata Kulian (Survey pada Perguruan Tinggi di Kota Padang. SNA 18 Medan).

Prihanisa, Risma Budi,. (2015). Kesiapan Dosen Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta menghadapi Konvergensi IFRS. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Purwanto, Ngalim. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sony Warsono-bin-Hardono dan Irene Natalia. (2011). Akuntansi Pengantar 1 Sistem Penghasil Informasi Keuangan Adaptasi IFRS, Yogyakarta: AB Publisher.

Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP, Jakarta: Bumi Aksara.

Widiastuti, Harjanti. (2011). Kesiapan Dosen Akuntansi dalam Mengintegrasikan Materi IFRS dalam Mata Kuliah. Fokus Ekonomi Vol. 10 No. 3.


Full Text: PDF

DOI: 10.15408/sd.v3i1.4012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.