Produksi Ruang dalam Keseharian Pengajian Anak Yatim dengan Yayasan Darul Hasanah di Pondok Pinang (2010-2012)

Authors

  • Zahra Fathia Khairunnisa UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.15408/re4gtc29

Keywords:

Anak Yatim, Everyday Life, Mengaji, Produksi Ruang, Yayasan

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana suatu “ruang” dihidupi dan dimaknai oleh anak-anak yatim dalam keseharian mereka yang terikat dengan Yayasan Darul Hasanah di Pondok Pinang berdasarkan pada teori produksi ruang yang dicetuskan oleh Henri Lefebvre. Adapun struktur metode lainnya yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah dengan pendekatan interdisipliner yang menggabungkan perspektif sosiologi dan antropologi untuk menganalisis interaksi sosial dan kebiasaan religius anak-anak yatim. Hasil penelitian menunjukkan adanya praktik keseharian anak-anak yatim yang mengaji di Yayasan Darul Hasanah. Mereka menghafal Al-Qur'an serta mempraktekkan apa yang diajarakan dalam pelajaran agama lainnya pada keseharian mereka, seperti fikih dan akidah akhlak di rumah. Selain di rumah, mereka juga datang ke Yayasan Darul Hasanah pada Ahad sore, menunggu azan Maghrib di sana dan sholat berjamaah, untuk kemudian dilanjutkan dengan mengaji. Praktik keseharian yang menjadi hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kegiatan mengaji yang dilakukan di ruang “rumah” maupun di ruang “yayasan” dari Yayasan Darul Hasanah tidak hanya sekadar kegiatan pembelajaran Al-Qur’an, namun juga merupakan bentuk produksi ruang dan hak atas kota yang terintegrasi dalam kehidupan sehari-hari mereka dari tahun 2010-2012. Kegiatan belajar mengaji yang dilakukan oleh anak-anak yatim dalam “ruang” ini, memperoleh cara dan kebiasaanya tersendiri dalam mempraktekkannya pada keseharian mereka. Sehingga menciptakan adanya relasi antara anak dengan ibunya, pengajarnya, maupun teman sebayanya, serta menciptakan makna-makna pada ruang-ruang tersebut.

References

Kapilerindonesia.com. Diakses pada 30 Juni, 2024.

Agustina, Levi, and Rahmat Ryadhush Shalihin. “Theoretical Framework Pendidikan Islam Berbasis Pendekatan Multi-Inter Transdisipliner.” JSG: Jurnal Sang Guru 1, no. 1 (2022): 37.

Ariyadri, Acep. “Konsep Pemeliharaan Anak Yatim Perspektif Al-Qur’an.” Ulumul Qur’an: Jurnal Kajian Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir 1, no. 1 (2021): 28.

Hendra, Djaja. “Analisis Pemikiran Henri Levebvre Tentang Ruang dalam Arsitektur Modern: Suatu Perspektif Sosiologis.” Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi 17, no. 2 (2018): 108.

Isyudanto, Protasius, dkk. “Konsepsi Ruang Menurut Lefebvre Dan de Certeau.” 2022.

Lüdtke, Alf. “The History of Everyday Life: Reconstructing Historical Experiences and Ways of Life.” Princeton University Press, 1995.

Madjid, M. Dien, and Johan Wahyudhi. “Ilmu Sejarah: Sebuah Pengantar.” Jakarta: Kencana, 2014.

Mahmuda, Mardan. “Anak Yatim sebagai Objek Dakwah dalam Perspektif Al-Qur’an.” Al-Hikmah: Jurnal Dakwah dan Ilmu Komunikasi 5, no. 2 (2018): 86.

Nonci, M. Hajir. “Pembentukan Karakter Anak Melalui Taman Pendidikan Al-Qur’an Sebagai Basic Social.” Sosioreligius 5, no. 1 (2020).

Pamungkas, Arie Setyaningrum. “Produksi Ruang dan Revolusi Kaum Urban Menurut Henri Lefebvre.” IndoProgress, 2016.

Reza, Rachmat. “Our Father(less) Story: Potret 12 Fatherless Indonesia.” My Fatherless Story, 2019.

Savira, Medina, and Fikri Zul Fahmi. “Branding tempat dan produksi ruang (studi kasus: Kawasan Cibadak. Kota Bandung).” Tata Kota 22, no. 4 (2020).

Sugiyono, Paulus Bagus. “Memahami Konsep Ruang Menurut Henri Lefebvre.” Sosioglobal: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi 6, no. 2 (2022): 110-112.

Syaltut, Mahmud. “Metodologi Al-Qur’an.” Solo: CV Ramadhani, 1991.

Untung, Budi. “Reformasi Yayasan: Perspektif Hukum dan Manajemen.” Jakarta: Penerbit Andi, 2002.

Wati, Fajar Tri Rahma. “Penyelenggaraan Pengajian Ahad Pagi Peduli Anak Yatim Yayasan Tarbiyatul Yatama Purwoyoso Semarang.” Skripsi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2019.

Yasir, Muhammad, dan Ade Jamaruddin. “Studi Al-Qur’an.” Pekanbaru: Asa Riau, 2016.

Published

2025-10-14