KONSEP TUHAN DALAM ILUMINASI SUHRAWARDI
DOI:
https://doi.org/10.15408/paradigma.v5i01.31818Keywords:
Suhrawardi, Cahaya, dan Tuhan.Abstract
Berbicara tentang Tuhan dalam dunia kefilsafatan adalah sesuatu yang tidak asing lagi. Hal ini terbukti dari awal kemunculan filsafat yang mempertanyakan asal muasal alam semesta ini kemudian siapa yang telah menciptakan ala mini. Dalam filsafat islam, pembahasan tentang Tuhan topik utama yang dilakukan oleh filsuf awal. Diantara filsuf awal tersebut diantaranya al-Kindi, al-Farabi, Ibn Sina, al-Ghazali dan juga Suhrawardi, orang yang pertama mengembangkan filsafat iluminasi. Suhrawardi menganalogikan Tuhan dengan cahaya. Dimana cahaya suatu wujud yang jelas yang di dalamnya tidak lagi membutuhkan definisi lagi. Selain itu dalam memperkenalkan Tuhan, Suhrawardî lebih mengedepankan metode intuisi atau pengalaman batin. Hal ini berbanding terbalik dengan kaum Peripatetik yang lebih mengedepankan akal daripada intuisi. Dalam memperoleh pengetahuan yang dimana metodenya melalui intuisi ini termasuk kedalam ilmu hudhuri (kehadiran). Kemudian bentuk sederhana dari ilmu hudhuri adalah kesadaran diri. Kata Suhrawardi, untuk mengenal Tuhan dapat melalui kesadaran diri. Dan untuk sampai pada kesadaran diri ada bebrapa tahapan yang harus dicapai. Dalam penelitian ini penulis hanya fokus pada pembahasan konsep Tuhan dalam filsafat iluminasi Suhrawardi, hal ini agar pembahasannya tidak melenceng dari topik utamanya.References
Abdullah, Miswar, “Dasar-Dasar Filsafat Israqiyyah Suhrawardi”, Jurnal Ilmu-ilimu
Keislaman dan Kemasyarakatan, Vol. 2, No. 1 (Juni 2020).
Abidin, Zainal, Pengantar Filsafat Barat (Jakarta: Rajawali Pers, 2012).
____________, Analisis Eksistensial, (Jakartan: PT. Raja GrafindoPersada, 2007).
Abqari, “Epistemologi Ilmu Hudhuri dan Hushuli”. Alif.id, 23 Februari 2021.
Ahmad Atabik, “Telaah Pemikiran Al-Ghazali Tentang Filsafat” Jurnal Fikrah, Vol.2 No.1
(Juni 2014).
Al-Ghazali, Kerancuan Filsafat (Tahafut al-Falasîfah) Imam Al-Ghazâlî, Penerjemah Achmad
Maimun (Yogyakarta: Grup Relasi Inti Media, 2015).
_________, The Niche Of Lights: Misykat Al-Anwar, Penerjemah David Buchman (New York:
Brigham Young University Press, 1998).
Amin, Khairul, “Teosofi al-Suhrawardi al-Maqtul dan Mahzab Iluminasionisme dalam Filsafat
Islam”, dalam Jurnal Al- Kawakib, Vol. 2, No. 2 (2021).
Amirudin, “Memahami Otentisitas Konsep Tuhan: Kajian Konsep Emanasi, Ontologi Dan
Kosmologi Filosof Muslim” Jurnal Kaca Jurusan Ushuluddin STAI AL FITHRAH,
Vol. 9 No. 1 (Februari 2019).
Anwar, Dessy, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, (Surabaya: Amelia,2003).
Ardiansyah, Andri , “Pemikiran Filsafat Al-Farabi dan Ibnu Sina” Jurnal Pemikiran Keislaman
dan Kemanusiaan, Vol. 4 No. 2, Oktober 2020, h. 181.
Arifin, Muhammad dan Amiruddin, “Suhrawardi Al-Maqtul: Analisis Hakikat Kebenaran
Dalam Tasawuf”, Jurnal Fikrah Vol. 7 No. 1 (2018) h. 11-12.
Asy’ari, Hasyim,”Renaisans Eropa dan Transmisi Keilmuan Islam ke Eropa” Jurnal Sejarah
Peradaban Islam, Vol . 2 No. 1, (2018).
Bakhtiar, Amsal, Filsafat Ilmu (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2011).
Budi, Irwan Setia, “Dialektika Tiga Pilar Hubungan Filsafat Islam, Teologi, dan Tasawuf”
Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam.
Drajat, Amroeni, Suhrawardi: Kritik Falsafah Peripatetik (Yogyakarta: LKiS, 2005).
Fakhry, Majid, Sejarah Filsafat Islam: Sebuah Peta Kronologis, Diterjemah dari A Short
Introduction to Islamic Philosopy, Theology and Mysticism, (Bandung: Mizan, 2001).
Haidar, Baqir, Buku Saku Filsafat Islam (Bandung: Mizan Media Utama, 2005).
Hasbunallah, Afifi, Epistemologi Metafisika Suhrawardi: Kajian Atas Simbolisme Cahaya
dalam Hikmah al- Israq, Tesis, Sekolah Pascasarjana, Universitas Islam Negeri Jakarta,
Juli 2018.
Hidayatullah, Syarif, “Relasi Filsafat dan Agama :Perspektif Islam”, Jurnal Filsafat, Vol. 40,
No. 2 (Agustus 2006).
https://kbbi.web.id/iluminasi.
Ibrahim, Duski, Filsafat Ilmu: Dari Penumpang Asing Untuk Para Tamu, cet. 1 (Palembang:
Noerfikri Offset, Maret 2017).
Indayani, Wuri, Studi Komparasi Konsep Cahaya Menurut Al-Ghazali Dan
Suhrawardi,(Skripsi S1, Jurusan Aqidah Dan Filsafat Islam, Fakultas Ushuluddin dan
Studi Agama, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2021).
Iqbal, Muhammad, The Development of Metaphysics in Persia (Lahore: Bazm Iqbal, 1964).
Junaidi, Luqman, Ilmu Hudhuri: Konsep Ilmu Pengetahuan dalam Filsafat Iluminasi
Suhrawardi,(Tesis, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Program Studi Magister
Humainiora, Universitas Indoneisa Depok, 2009).
Kartanegara, Mulyadhi, Gerbang Kearifan: Sebuah Pengantar Filsafat Islam (Jakarta: Lentera
Hati. 2006).
Ma’lu, Luwis,f, Al-Munjid fi Lugha Wal A’lam (Beirut: Dar al -Masyriq, 1986).
Madani, Abubakar, “Pemikiran Filsafat Al-Kindi” Jurnal Lentera, Vol. IXX, No. 2, (Desember
.
Maskhuroh, Lailatul, “Suhrawardi: Konstruktor Filsafat Iluminasi”, Jurnal Kopertais4 (2013).
Mufid, Fatkhul, “Perkembangan Ontologi Dalam Filsafat Islam”, Jurnal Penelitian, Vol. 7 No.
(Agustus 2013).
Muslim, Aziz, Konsep Ilmu Suhrawardi,(Skripsi S1, Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam
Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 21 Januari 2010).
Nasr, Sayyed Hossein, “Shihab al-Din Suhrawardi”, Mehdi Amin Razavi, The Islamic
Intellectual Tradition In Persia (New Dehli: Curzon Press, 1996).
________________, Tiga Pemikir Islam, Ibn Sina, Suhrawardi, Ibn Arabi, Penerjemah Ahmad
Mujahid (Bandung: Risalah, 1986).
Natsir, Muhammad, “Komparasi Pemikiran Ibnu Sina dan Suhrawardi: Telaah terhadap Teori
Emanasi dan Teori jiwa”, Jurnal Wahana Akademika, Vol. 1, No. 2 (Oktober 2014).
Rahman, Fazlur, Islam, Penerjemah Ahsin Muhammad (Bandung: Pustaka, 1986).
Rizal, Mustansyir dan Misnul Munir, Filsafat Ilmu (Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2011).
Sabri, Muhammad, “Metafisika Cahaya Suhrawardi” Jurnal Al-Fikr, Vol. 14 No.3 (2010).
Sholeh, A. Khudori, “Filsafat Isyraqi Suhrawardi” Jurnal Esensia vol. 12 no. 1 (Januari 2011).
_______________, Wacana Baru Filsafat Islam (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012).
Subki, Hirarkhi Alam Menurut Suhrawardi,(Skripsi S1, Fakultas Ushuluddin, Institut Agama
Islam Negeri Walisongo Semarang, 2008).
Suhrawardi, Hikmah Al-Isyraq: Teosofi Cahaya dan Metafisika Huduri Penerjemah
Muhammad Al-Fayyadl, cet. 1 (Yogyakarta: Islamika. 2003).
Sulaiman, Asep, Mengenal Filsafat Islam. Cet. 1 ( Bandung: Yrama Widya, 2016).
Sumadi, Eko, “Teori Pengetahuan Israqiyyah (Iluminasi) Shihabuddin Suhrawardi”, Jurnal
Ilmu Aqidah dan Studi Keagamaan, Vol. 3, No. 2 (Desember 2015).
Takwin, Bagus, Filsafat Timur: Sebuah Pengantar Ke Pemikiran-Pemikiran Timur, ed.1
(Yogyakarta: Jalasutra, 2015).
Tehrani, Kazem Mystical in Four Treatises of Suhrawardī, Disertasi Columbia University,
Tjahjadi, Simon Petrus Lili, Petualangan Intelektual (Yogyakarta: Kanisius, 2004).
______________, Tuhan para Filsuf dan Ilmuwan (Yogyakarta: Kanisius. 2007).
W. Dillistone, The Power of Symbols Penerjemah A. Widyamartaya, (Yogyakarta: Kanisius,
.
Yazdi, Mehdi Ha’iri, Ilmu Hudhuri, Prinsip-prinsip Epistemologi dalam Filsafat Islam,
Penerjemah Ahsin Muhammad (Bandung: Mizan, 1994).
Ziai, Hossein, “Tradisi Iluminasionis”, Sayyid Hossein Nasr & Oliver Leaman(ed.),
Ensiklopedi Tematis Filsafat Islam,Vol. I (Bandung: Mizan. 2003).
_________, ”Shihab al-Din Suhrawardi: Founder of The Illuminationist School”, SH. Nasr and
Oliver Leaman (ed.), History of Islamic Philosophy (London and New York:
Routledge, 1996).
__________, Suhrawardi dan Filsafat Iluminasi, Penerjemah Alif Muhammaddan Munir,
(Bandung: Zaman, 1998).