OPTIMALISASI STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH JEMAAH UMRAH PADA PT SAKINAH MANDIRI CIBINONG KABUPATEN BOGOR

Authors

  • Rizaldi Aziz Zain Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Sugiharto Sugiharto Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.15408/jmd.v11i1.34623

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui strategi pemasaran PT Sakinah Mandiri (2)
optimalisasi strategi pemasaran PT Sakinah Mandiri. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif. Strategi pemasaran di PT Sakinah Mandiri menggunakan bauran
pemasaran 4P. Strategi produk sudah optimal, karena menawarkan beragam pilihan paket
umrah. Strategi harga sudah optimal, karena harga yang ditawarkan sudah sesuai dengan
fasilitas dan sesuai dengan arahan pemerintah. Strategi tempat belum optimal, karena lokasi
gedung saat ini berada di pojok dan tidak ada papan tanda/plang nama. Strategi Promosi belum
optimal, karena untuk media sosial hanya sekedar punya tapi tidak ada aktivitas atau unggahan
di akunnya. Selanjutnya untuk web, homepage terkesan biasa dan tidak memiliki daya tarik.
Untuk brosur, juga terlihat desain dan layoutnya kurang menarik dan kurang informatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Area, U. M. (2022). Pengertian Strategi: Tujuan, Jenisnya. Retrieved January

, 2023, from https://bakai.uma.ac.id/2022/02/05/pengertian-strategi-

tujuan-jenisnya/.

Asy’ari, M. H. (2013). Inti Fiqih Haji & Umrah Terjemahan Kitab Al-Manasik

al-Shughra li Qashid Umm al-Qura karya Hadluratus Syaikh K.H.

Muhammad Hasyim Asy’ari. Malang: Penerbit Genius Media. Retrieved

from

https://books.google.co.id/books?id=C2zsDwAAQBAJ&pg=PA2&dq=

umrah+adalah&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwixkMf1qdLsAhU57HMB

HfidDCIQ6AEwAnoECAYQAg#v=onepage&q=umrah

adalah&f=false.

Baidhawi, M. (2022). Optimalisasi Pelayanan Dalam Meningkatkan Jumlah

Jamaah Umroh Pada PT Sahid Gema Wisata Tahun 2019 Jakarta. UIN

Syarif Hidayatullah Jakarta.

Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah. (2015). Fiqih Haji

Komprehensif. Jakarta: Kementerian Agama RI.

Elfaraditma, G. (2018). Strategi Pelayanan PT Semesta Bertowaf 99 Dalam

Meningkatkan Jumlah Jamaah Umrah. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Eliyah. (2014). Strategi Pemasaran Tabungan Muamalat Prima iB Dalam

Meningkatkan Dana Retail (Tabungan) Pada Bank Muamalat Indonesia.

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Haque-Fauzi, M. G., & Dkk. (2022). Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan

Implementasi. Tangerang Selatan: Pascal Books. Retrieved from

https://www.google.co.id/books/edition/STRATEGI_PEMASARAN_K

onsep_Teori_dan_Impl/73hjEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0

Islamiyati, D. (2020). Strategi Promosi Arrum Haji Dalam Meningkatkan

Jumlah Jamaah Pada PT Penggadaian (PERSERO) Cabang Syariah

Margonda Depok. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kartono, A. (2016). Solusi Hukum Manasik Dalam Permasalahan Ibadah Haji.

Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi ke-12

(12th ed.). Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2023-09-01

Issue

Section

Articles