KINERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN PEMBATALAN HAJI DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI RIAU
DOI:
https://doi.org/10.15408/jmd.v10i1.26105Abstract
This study aims to determine the performance of employees in Hajj Cancellation Services during the Covid-19 Pandemic at the Regional Office of the Ministry of Religion of Riau Province. Riau. The study uses a qualitative approach, which carries out a research process that will create descriptive data in the form of writing from various sources, namely the Regional Office of the Ministry of Religion of Riau Province. The data collection technique is by observation, in the sense that the author examines directly the Regional Office of the Ministry of Religion of Riau Province, conducts interviews with employees who are authorized to cancel Hajj, such as the Head of the Hajj Registration and Documents Section, the Head of the Hajj and Umrah Organization (PHU), employees, and read the documents and information available on the website. From the results of this study, it was shown and explained that the performance of the employees of the Regional Office of the Ministry of Religion of Riau Province in the service of canceling the registration of prospective pilgrims had Standard Operating Procedures applied.References
Kartono Ahmad, Manajemen Pembinaan dan Pelayanan Haji, (Ciputat; 2020), hlm. 18
Al-Qur'anul Karim, Al-Qur'an Dan Terjemahannya, (Jakarta Timur : Al-Fatih), Hlm. 335
Surat Keputusan Kementerian Agama RI Tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji Pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H/2021 M, Nomor 660, Tahun 2021, BAB I, Pendahuluan.
Ibadah Haji dan Pandemi Covid-19 Oleh M. Fuad Nasar (Sesditjen Bimas Islam Kementerian Agama RI) https://kemenag.go.id/read/ibadah-haji-dan-pandemi-covid-19, Diakses pada hari Senin 06 September 2021 Pukul 21.21 WIB.
Website Kanwil Kemenag Provinsi Riau https://riau.kemenag.go.id/artikel/39501/tugas-dan-fungsi-kemeterian-agama-riau. Diakses pada hari Selasa 07 September 2021 Pukul 22.38 WIB.
Shihab Quraish, Haji dan Umrah Bersama Quraish Shihab, (Lentera Hati; Jakarta 2012), hlm. 1
https://penerbitbukudeepublish.com/pengertian-manfaat-penelitian/, Diakses pada hari Minggu 07 November 2021 Pukul 10.20 WIB
Mujahidin Anwar, Metode Penelitian Kualitatif Dibidang Pendidikan, (Ponorogo: CV. Nata Karya, 2019) Hal 4
Supardi, Metodologi Penelian Ekonomi Dan Bisnis, (Yogyakarta: UII Press, 2005) Hal 28
Hardani, Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, (CV. Pustaka Ilmu Grup, Mataram; 2020), hlm. 41
Sukandar rumidi, MetodePenelitian, (Yogyakarta, Gadjah University Press, 2004)
Siyoto Sandu, Dasar Metode penelitian, (Literasi Media Publishing, Yogyakarta; 2015), hlm. 77
Hardani, Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, (CV. Pustaka Ilmu Grup, Mataram; 2020), hlm. 137
Nugrahani Farida, Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa, ( Surakarta; 2014), Hal. 123
Kusumastuti Adhi, Metoe Penelitian Kualitatif, ( Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo, Semarang; 2019), Hal. 126
Hardani, Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, (CV. Pustaka Ilmu Grup, Mataram; 2020), hlm. 161
http://eprints.undip.ac.id/36328/, Diakses pada hari Minggu 07 November 2021 Pukul 09.30 WIB.
https://www.jopglass.com/penelitian-induktif-deduktif/, Diakses pada hari Minggu 07 November 2021 Pukul 09.58 WIB.
Mahfan, Kamus Lengkap Bahasa & Sastra Indonesia, ( Sandro Jaya Jakarta, Jakarta; 2005) Hal. 286
Ahmad Susanto, Manajemen Peningkatan Kinerja Guru; Konsep, Strategi, dan Implementasi, (Jakarta: Kencana, 2016), hlm. 69.
Wibowo, Manajemen Kinerja, (Jakarta: Rajawali Pers, 2012), hlm. 7.
Al-Qur'anul Karim, Al-Qur'an Dan Terjemahannya, (Jakarta Timur : Al-Fatih), Hlm. 504
Bachtiar Surin, Az-Zikra Terjemah Dan Tafsir Al-Qur’an Dalam Huruf Arab Dan Latin Juz 26-30, (Bandung: Angkasa Bandung, 2004), 2175
Moeheriono,Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi, (Jakarta:Pt Raja Grafindo Persada,2012), 98
Agus, dharma, manajemen supervise (Jakarta: Rajawali press, 2004), 67.
Mahfan, Kamus Lengkap Bahasa & Sastra Indonesia, ( Sandro Jaya Jakarta, Jakarta; 2005) Hal. 351
Ismail, Budaya Organisasi Kepemimpinan dan Kinerja, (Jakarta: Kencana, 2013), hal. 212
Lijan, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2017), hlm. 480
Ratminto & Atik Septi Winarsih, Manajemen Pelayanan, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010), hlm. 2
Sirhana Fikri, Wahyu Wiyani, pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa, dikutip dalamm jurnal Bisnis dan Manajemen Vol. 3 No.1, Januari 2013, (Semarang: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Merdeka Malang), hlm. 121.
Al-Qur'anul Karim, Al-Qur'an Dan Terjemahannya, (Jakarta Timur : Al-Fatih), Hlm. 45
Amir Syamsudin, Pelayanan Publik dan Birokrasi Pemerintahan, dikutip dalam artikel Bahan Ajar Mata Kuliah Pelayanan Sektor Publik, Ilmu Pemerintahan Uniersitas Abdurrab, 04 Agustus 2017, hlm. 2
Edy Mulyono dan Harun Abu Rofi’ie, Buku Lengkap Dan Praktis Haji Dan Umroh, (Jogjakarta; BENING, 2010), hlm. 15
Edy Mulyono dan Harun Abu Rofi’ie, Buku Lengkap Dan Praktis Haji Dan Umroh, (Jogjakarta; BENING, 2010), hlm. 16
Al-Qur'anul Karim, Al-Qur'an Dan Terjemahannya, (Jakarta Timur : Al-Fatih), Hlm. 62
Chodri Romli Ahmad, Ensiklopedia Haji & Umrah Lintas Mazhab, Hlm. 158
https://riau.kemenag.go.id/artikel/39494/sejarah-kementerian-agama-provinsi-riau. Diakses pada hari Senin 30 November 2021 Pukul 09.31 WIB.
https://riau.kemenag.go.id/artikel/39494/sejarah-kementerian-agama-provinsi-riau. Diakses pada hari Senin 30 November 2021 Pukul 11.27 WIB
https://riau.kemenag.go.id/artikel/39494/sejarah-kementerian-agama-provinsi-riau. Diakses pada hari Senin 30 November 2021 Pukul 10.35 WIB
Rivai,Veithzal, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, (Jakarta;Grafindo, 2004), Hlm. 456