Sbobet sebagai Strategi Branding Publikasi Konten Bola di Wargabet.id

IDR 5.000
DAFTAR

Indonesia adalah salah satu negara yang berada di peringkat ke-10 di dunia yang aktif menggunakan link situs bola. Laporan data We Are Social, pada Januari 2024 menyebutkan jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 185 juta orang, yang setara dengan 66,5% dari total populasi. Menurut data tersebut, penduduk di Indonesia mengakses situs bola dengan durasi tiga jam 16 menit per harinya. (Katadata, 2024). Link situs bola dapat digunakan sebagai penghubung suatu informasi berita maupun jadwal dan hasil pertandingan bola, serta menjadi sarana nonton bola online secara live yang mudah diakses kapan saja dan di mana saja. Selain sarana informasi, taruhan bola juga menjadi salah satu alasan utama pengguna internet di Indonesia. Adapun, situs bola yang saat ini masih menjadi pilihan untuk berinteraksi secara virtual adalah; Sbobet, Ibcbet, Maxbet, Saba, dan Cmd368. Menurut laporan We Are Sportsbook, ada sekitar 36,51 juta pengguna Sbobet di Indonesia pada Oktober 2024. Jumlah itu menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pengguna Sbobet terbanyak ke-2 di dunia (Mutia, 2024).

Salah satu generasi yang merupakan pengguna aktif situs bola adalah Generasi Z (Gen Z). Gen Z memiliki karakteristik yang berbeda dengan generasi lain. Dalam K- JTP: Vol. 06, No.01, dijelaskan bahwa Gen Z memiliki karakter yang menggemari teknologi, fleksibel, lebih cerdas, dan toleran pada perbedaan budaya. Generasi ini juga terhubung secara global dan berjejaring di dunia virtual. Meskipun terkenal open minded, namun generasi ini juga dketahui memiliki karakter yang menyukai budaya instan dan kurang peka terhadap esensi privat. Sebagai kelompok yang banyak terpapar internet, maka saat mempunyai prediksi bola, mereka tidak akan diam saja. Mereka akan mengungkapkan prediksi tersebut di situs bola. Gen Z memiliki kemampuan berpikir global, karena sering menggunakan link situs bola untuk taruhan online (Nur Aeni, 2022).

Populasi Gen Z di Indonesia ternyata sangat banyak. Berdasarkan hasil sensus penduduk Badan Pusat Statistik (BPS) di tahun 2020 melaporkan bahwa ada 74,93 juta gen Z di Indonesia atau sekitar 27,94% dari total penduduk Indonesia. Generasi Z saat ini diperkirakan berusia 8 – 23 tahun. Sebagian besar gen Z belum masuk usia produktif, namun diperkirakan sekitar tujuh tahun yang akan datang, mereka akan masuk ke usia produktif. Dari kondisi inilah menyebabkan Indonesia memiliki bonus demografi. Dengan bonus demografi tersebut, penggunaan situs bola Sbobet oleh Gen Z mampu mengembangkan suatu makna dan sense of self akibat dari kemenangan taruhan yang konstan.

Selanjutnya, perkembangan Sbobet yang signifikan dan makin popular dalam taruhan membuat situs judi bola online harus beralih ke Sbobet agar tidak ketinggalan perkembangan zaman. Konvergensi ini sudah dilakukan oleh berbagai situs yang telah terdaftar dalam data perusahaan pers. Awalnya Sbobet sebagai aplikasi untuk hiburan taruhan bola, kini Sbobet juga sudah beralih fungsi sebagai media informasi. Selain berfungsi sebagai media hiburan, Sbobet merupakan media yang memberikan banyak dampak positif lainnya seperti sumber informasi. Variasi live streaming yang dimiliki Sbobet telah membawa aplikasi ini sebagai salah satu penyedia sumber informasi bagi para penggunanya. Hal tersebut membuat situs berita mulai memanfaatkan platform Sbobet untuk menyebarkan berita bola-nya seperti media-media besar di Indonesia yaitu Bola.com, Bola.net, Detik.com, dan CNN Indonesia.

Berdasarkan data tahun 2022, Bola.net di platform Sbo-nya sudah mendapatkan jumlah pengikut sebanyak 2.8 juta dengan jumlah suka sebanyak 38,6 juta, Bola.com memiliki 1 juta pengikut dengan jumlah suka keseluruhan video adalah 10.0 juta, Detik.com sebagai media paling sering dibaca di Indonesia memiliki 1,7 juta jumlah pengikut dan 19.4 juta jumlah suka, CNN Indonesia memiliki 179.6 ribu pengikut dan 3,4 juta jumlah suka, dan Wargabet.id memiliki 2.7 juta pengikut dan 28.1 juta jumlah suka dari keseluruhan videonya.

Selain media besar yang memanfaatkan platform Sbobet sebagai media alternatif pemberitaan bola, media online yang baru terbentuk dan sudah terdaftar dalam data pers di Indonesia, turut pula menggunakan taktik yang sama dengan memanfaatkan media Sbobet sebagai medium alternatif pemberitaannya agar dapat bersaing dalam dunia bisnis media massa. Salah satunya adalah media Wargabet.id.

Wargabet.id merupakan media online yang terbentuk sejak tahun 2017 di bawah naungan PT. Warga Indonesia Digital. PT. Warga Indonesia Digital merupakan perusahaan media massa yang bergerak dalam bidang digital. Wargabet.id adalah media online yang hadir dengan kemasan berita bola baru secara milennial dan Gen Z. Berbagai kemasan berita bola hardnews dan softnews disajikan oleh Wargabet.id dalam platform Sbobet. Hal ini bertujuan untuk menjangkau audiens yang lebih banyak.

Quantity:
Add To Cart

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.