PERBEDAAN KONSEP PERJODOHAN ISLAM DAN REALITY TV DALAM PERSPEKTIF GLOBALISASI MEDIA

Dwi Arini Yuliarti, Tantan Hermansah

Abstract


Program Take Me Out Indonesia merupakan program adaptasi yang telah mengudara di Indonesia sejak tahun 2009 dan menjadi salah satu program reality show tersukses di Indonesia. Namun, disadari atau tidak, kehadiran program tersebut turut pula membawa ancaman hegemoni budaya Barat yang menggerus nilai-nilai budaya Islam. Di era globalisasi ini, perjodohan dijadikan komoditi yang dijual ke ranah publik melalui sebuah tayangan. Tidak sedikit dari adegan yang ditampilkan pada program ini mengesampingkan hukum syara dan berpotensi mendegradasi identitas nilai Islam. Metode penelitian menggunakan studi pustaka, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa globalisasi pada sektor media telah memberikan konsekuensi yang amat besar. Maraknya program adaptasi asing tidak lepas dari respon baik dari masyarakat. Perolehan rating dan share sebuah stasiun tv masih menjadi target utama pencapaian keuntungan perusahaan. Meskipun, apa yang dipertontonkan tidak sesuai dengan hukum Islam dan cenderung keluar dari garis batas hukum Islam. Penerapan komunikasi Islam menjadi kunci penting dakwah dalam menghadapi globalisasi Barat. 

Kata kunci: Globalisasi, Program Adaptasi, Media, Islam.


Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Bakti, Andi Faisal. The Role of Islamic Media in The Globalization Era: Between Religious Principles And Values of Globalization, The Challenges and The Opportunities. The 2nd International Conference on Islamic Media 2011.

__________. Applied Communication to Dakwah for Peace: Komunikasi Terapan untuk Dakwah Perdamaian. 2015.

__________. The Integration of Dakwah in Journalism: Peace Journalism. Jurnal Komunikasi Islam UIN Sunan Ampel, Volume 05, Nomor 01, Juni 2015.

Bungin, Burhan. Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Prenadamedia Group. 2008.

Branston, Gill & Roy Stafford. The Media Student’s Book. New York: Routledge 2 Park Square. 2010.

Ellethy, Yaser. Islam, Context, Pluralism and Democracy (Classical and , Modern Interpretations). Routledge. New York. 2015.

Unde, Andi Alimuddin. Televisi & Masyarakat Prulalistik. Prenada. Jakarta. 2014.

Heryanto, Gun Gun. Ekonomi Politik Media Penyiaran: Rivalitas Idealisme Nilai Islami dan Mekanisme Pasar, Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 1 Nomor 1 2017.

Ibrahim, Idi Subandy. Budaya Populer Sebagai Komunikasi.Jakarta: Jalasutra. 2011.

Ismail, Ilyas. The True Da’wa (Menggagas Paradigma Baru Dakwah Era Milenial). Jakarta: Prenamedia Group. 2018.

Kartikasari, Fitri Irma. Dinamika Perjodohan dalam Ranah Privat dan Publik. journal.unair.ac.id Vol. 1 - No. 1 / 2012-01.

Kurniawan, Rizki.Imitasi Budaya Pada Tayangan Televisi Di Indonesia. Dimensi, Vol.11- No.2, September 2014. Universitas Trilogi, Jakarta.

Nastiti, Aulia. Di Balik Tren Tayangan Impor. Pusat Kajian Media & Komunikasi. Artikel http://www.remotivi.or.id diakses pada 28 oktober 2019 pkl.23.50.

Mahmud, Ahmad. Dakwah Islam.Pustaka Thariqul Izzah.Bogor.2009.

Mast, Jelle. The Dark Side of Reality TV:Professional Ethics and the Treatment of Reality Show Participants. Vrije Universiteit Brussel, Belgium. International Journal of Communication 10(2016), 2179–2200.

Rivers, William L. dkk, Media Massa & Masyarakat Modern. Prenadamedia Group. Jakarta. 2015.

Severin, Werner J dan James W. Tankard, Teori Komunikasi (Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa). Kencana. Jakarta. 2011.

Utomo, William Putro. Indonesia Millenial Report 2019. IDN Research Institute. 2019

Qaradhawi, Yusuf. Fiqih Wanita (segala hal mengenai wanita). Jabal. Bandung. 2016.

Waskito, AM. Invasi Media Melanda Kehidupan Umat. Al-Kautsar. Jakarta. 2013.

Sumber Sekunder :

https://www.fremantle.com/about-us/ Diakses 20 November 2019 pkl.17.22 wib

Hidayat dan Wardana, Ta’aruf dan Upaya Membangun Perjodohan Islami pada Kalangan Pasangan Muda Muslim di Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Sosiologi. 2010.

Nurullah, Abu Sadat.Globalisation as a Challenge to Islamic Cultural Identity.The International Journal Of Interdisciplinary Social Sciences Volume 3, Number 6.University of Alberta, CANADA. 2008.

Morreale, Joanne. "Reality TV, Faking It, and the Transformation of Personal Identity" http://docs.lib.purdue.edu/clcweb/vol7/iss2/5

Habiburrahman. Islam dan Kapitalisme; Titik Temu dan Kritik Dalam Al-Quran. Indonesian Journal of Religion and Society.2019.

http://altajdidstain.blogspot.com/2011/02/metode-dakwah-di-era-globalisasi.html Widodo, Yohanes. Di Balik Tren Tayangan Impor. Pusat Kajian Media & Komunikasi. Artikel http://www.remotivi.or.id diakses pada 28 oktober 2019 pkl.23.50.




DOI: https://doi.org/10.15408/virtu.v1i2.23401 Abstract - 0 DOWNLOAD PDF - 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.