IMPLEMENTASI TEORI KOMUNIKASI DALAM PENGGUNAAN TRADISI LISAN LAWAS PAMUJI PADA MASYARAKAT SUKU SUMBAWA

Nofia Natasari, Roy Marhandra

Abstract


Tradisi Lisan Lawas Pamuji masih melekat dalam kehidupan sosial masyarakat Sumbawa. Pesan-pesan yang disampaikan sebagai motif menggugah kesadaran masyarakat untuk meningkatkan keimanan. Keberlangsungan penggunaan Lawas Pamuji di tengah-tengah masyarakat di ekspresikan oleh para pegiat seni dan para pendakwah dalam berbagai metode, dan produk karya seni tradisi. Lawas Pamuji yang hingga hari ini masih dapat kita temukan di dalam kehidupan masyarakat, tentu menjadi pertanyaan di dalam benak kita bagaimana komunikasi yang berlangsung di dalam masyarakat Sumbawa sehingga proses penyaluran, pewarisan kepada generasi selanjutnya. Untuk menganalisis hal tersebut, peneliti menggunakan teori komunikasi model Harold Laswell. Sementara untuk memahami dan memudahkan peneliti dalam mengurai apa saja komponen komunikasi dalam Lawas Pamuji, dengan menggunakan teori tradisi lisan Albert Lord. Hasil yang ditemukan di dalam penelitian tersebut adalah, bahwa proses komunikasi yang berlangsung di dalam penggunaan Lawas Pamuji pada masyarakat Sumbawa telah memberikan dampak kepada perubahan sikap dan bertambahnya ilmu pengetahuan. Hal tersebut dapat ditunjukkan dalam operasional komponen komunikasi Lawas Pamuji dalam kehidupan masyarakat suku Sumbawa.

Kata Kunci: komunikasi, lawas pamuji, suku sumbawa 


Full Text:

Download PDF

References


Amin, Usman, Boan lawas (Kumpulan Lawas Samwa), Yoyakarta, CV. Arti Bumi Lantaran, 2016.

Axel. Olrik, Principles for Oral narrative Research. Bloomington: Indiana University Press, 1992.

Bandem, I Made, Transformasi Kesenian dalam pelestarian nilai budaya Bali, dalam puspanjali (Denpasar, CV. Kayumas, 1988)

Bascom, William, 1965. Four Functions of Folklore. Englewood Cliffts: NJ Prentice.

Buletin Adiluhung, Pelestari Budaya Nusantara,Indonesia Malaysia usulkan pantun ke Unesco, Edisi 13 2017.

D Lasswell,Harold., The Structure And Function of Communication in Society (İletişim kuram ve araştırma dergisi Sayı 24 Kış-Bahar 2007, s.215-228)

Denis, McQuail,. Mass Communication Theory, Fourth Edition, SAGE Publications Inc., Thousand Oaks, California, 2000.

Dodi Mawardi, 123 Prestasi Indonesia Yang Mengguncang Dunia (Pena Kreativa, 2015)

Dujja, I nengah, tradisi lisan, naskah dan sejarah sebuah catatan politik kebudayaan (Artikel ini ]telah disajikan dalam seminar internasional naskah tradisi lisan dan sejarah yang diselelnggarakan atas kerjasama antara Akademi Jakarta, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Asosiasi TRadisi Lisan (ATL), dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB-UI) 28 juli 2005 di FIB-UI Depok.

Emzir, Metodologi Penelitian Kualitatif, Analisis Data, (Jakarta, PT Raja Grafindo, 2012).

Endraswara, Suardi, Metodologi Penelitian Sosiologi Sastra,(Yogyakarta, CAPS, 2011)

Faisal Bakti, Andi, Communication dan Family Planning in Islam in Indonesia: South Sulawesi Muslims Perceptions of a Global Development Program (Jakarta: INIS, 2004).

Gamal, Komandoko, Ensiklopedia Pelajar dan Umum, Buku Serba Tahu tentang Pengetahuan Umum Indonesia dan Dunia (Pustaka Widyatama, 2010)

https://data.ntbprov.go.id/dataset/dat-sanggar-seni-dan-seniman-provinsi-ntb AD/ART Lembaga Adat Tana Samawa (LATS) 2010.

Ida Bagus Putra Yadnya,”Folklor Esoterik dan Eksoterik,” (Widya Pustaka, Th II No 1 Agustus, 1984. Denpasar: FS Udayana.

J. Severin,Werner and James W. Tankard, Jr. Communication Theories, Orgins, Methods and Uses in the Mass Media. New York : Logman, 1992.

James P Spradley, Metode Etnografi, Tiara Wacana Jogjakarta, 2007.

Jan, Vansina. 1973. Oral Tradition Australia : Penguin University 1985, Oral Traditions As.

John Milles,Foles,. (Ed.)1986. Oral Traditions in Literature: Interpretation in context. Clumbia: University 0f Missoury Press.

Koentjaraningrat, Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan, (PT.Gramedia Utama Pusaka, Jakarta 2004).

M. Sobary, Kearifan Lokal dalam Tradisi Lisan dalam warta ATL Edisi V Juni 1999.

Masduki, Jurnalistik Radio/Menata Profesionalitas Reporter dan Penyiar (LKiS Yogyakarta, 2001).

Muzakka, Moh, Puisi Jawa Sebagai Media Pembelajaran Alternative di Pesanteren, (Makalah Kongres Bahasa Jawa IV Tahun 2006 di Semarang) Pudentia, Makyong: Hakikat dan Proses Penciptaan Kelisaman (Disertasi Universitas Indonesia 2000).

Rachman, Budhy Munawar, Membaca Nurcholish Madjid, (Democracy Project, 2011).

Rahim, Umar Abdur, , Pesan-Pesan Komunikasi Dakwah Dalam Petatah-Petitih Minang,(Jurnal Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau 2017).

Rustanto, Bambang, Penelitian Kualitatif Pekerjaan Sosial, (Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2015).

Saleh, Muhammad, Seni Tradisi Lisan Balawas Sumbawa (Referentasi Islam Sebagai Doa Untuk Keselamatan),( State Islamic University Mataram, Indonesia 2019).

Sedyawati, Eti, Heni, Dwi, Arista, Piranti Peemahaman Komunikasi Dalam Wacana Interaksional (Kajian Prakmatik), (Malang, UB Press, 2018).

Sedyawati, Eti, Kedudukan Tradisi Lisan Dalam Ilmu-Ilmu Sosial dan Ilmu-ilmu Budaya, Dalam Warta ATL. Jurnal Pengetahuan Dan Komunikasi Peneliti Dan Pemerhati Tradisi Lisan. Edisi 11 Maret. Jakarta ATL. 1996.

Sibarani, Robert, Kearifan Lokal. Hakikat, peran dan metode tradisi lisan, (Jakarta, Asosiasi Tradisi Lisan (ATL) 2012.

Sibarani, Robert, Pendekatan Antropolinguistik terhadap kajian tradisi lisan (RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, Vol. 1, No. 1 April 2015).

Sibharani, Robert, Folklor Sebagai Media Dan Sumber Pendidikan: Sebuah Ancangan Kurikulum Dalam Pembentukan Karakter Siswa Berbasis Nilai Budaya Batak Toba, (Folklore Nusantara:Hakikat Bentuk dan Fungsi), (Penerbit Ombak (Anggota IKAPI), 2013.

Sudarmojo, Agus Haryo, Perjalanan Akbar Ras Adam (Bandung, PT Mizan Pustaka, 2009).

Sukatman. Burir-Butir Tradisi Lisan Indonesia. Yogyakarta: Laksbang, 2009

Sumarsono, Kamus Sumbawa Indonesia, (Jakarta: Pusat Pembinaan dan Penelitian Bahasa, 1985).

Suyasa, Made, Lawas Samawa Dalam Konfigurasi Masyarakat Nusantara, 2009.

Teeuw, Sastra dan Ilmu Sastra, Jakarta: Pustaka Jaya, 1984.

Uchjana Effendy, Onong, Ilmu Komunikasi Teory dan Praktek, (Bandung; PT. Remaja Rosdakarya, 2009.

Wekke, Suardi Ismail, dkk, Islam dan Adat, Keteguhan Adat dalam Kepatuhan Kepatuhan Beragama. Yogyakarta, CV.Budi Utama, 2018.

www.gusdur.net, tanggal 21 Mei 2010, diakses penulis pada tanggal 20 Oktober 2019.

Yusuf Al-Qardawi, Hadyul Islam Fatawi Mu’ashirah. Penerbit Darul Qalam,Kuwait, 2001.

Zulkarnaen, Aries, Tradisi Dan Adat Istiadat Samawa. Penerbit Ombak, 2015.




DOI: https://doi.org/10.15408/virtu.v1i1.21754 Abstract - 0 Download PDF - 0

Refbacks





Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.